Daerah Jum'at, 11 Maret 2022 | 09:03

Banjir Bandang Terjang Tuban Jawa Timur, Seorang Warga Meninggal 

Lihat Foto Banjir Bandang Terjang Tuban Jawa Timur, Seorang Warga Meninggal  Sejumlah warga mengamati sebuah mobil jenis mini bus yang terseret arus banjir bandang hingga masuk ke sungai di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis, 10 Maret 2022 malam. (Foto: BPBD Kabupaten Tuban)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Seorang warga di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dikabarkan meninggal dalam peristiwa banjir bandang yang menerjang enam desa di wilayah itu, Kamis, 10 Maret 2022. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, menyebut enam desa yang terdampak, meliputi Desa Temayang, Desa Padasan, Desa Karanglo, Desa Jorojero, Desa Margomulyo dan Desa Wolutengah di Kecamatan Kerek.

Berdasarkan laporan visual, arus banjir terpantau cukup deras melintasi pemukiman warga. Sebuah mobil minibus terseret arus banjir hingga masuk ke sungai. Tim gabungan telah mengevakuasi bangkai mobil tersebut menggunakan alat seadanya.

Banjir bandang yang terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi itu juga menyebabkan satu tanggul jebol. 

Sementara itu, jumlah kerugian lain yang ditimbulkan atas peristiwa itu masih dalam proses pendataan lebih lanjut.

Baca juga: Banjir Bandang Terjang Jayapura Papua Menelan Satu Korban Jiwa

BPBD Kabupaten Tuban bersama instansi terkait, relawan dan masyarakat terus melakukan kaji cepat, evakuasi serta penyelamatan warga terdampak. 

Bantuan logistik dan peralatan juga telah diberikan kepada warga terdampak oleh tim BPBD Kabupaten Tuban.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca yang menyebut bahwa hujan ringan hingga sedang dan yang dapat disertai petir masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Tuban hingga Sabtu, 12 Maret 2022.

Kembali BNPB mengimbau kepada seluruh unsur pemangku kebijakan di daerah dan masyarakat agar dapat mengantisipasi adanya potensi bencana susulan yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya