News Senin, 13 Juni 2022 | 13:06

Belum Penuhi Ekspektasi Masyarakat, DPR Minta PT KAI Perhatikan Layanan Luar Jawa

Lihat Foto Belum Penuhi Ekspektasi Masyarakat, DPR Minta PT KAI Perhatikan Layanan Luar Jawa Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI, Irma Suryani Chaniago. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI, Irma Suryani Chaniago menilai pelayanan Kereta Api Indonesia (KAI) secara bertahap sudah mulai memperlihatkan hasil dan cukup bagus.

Kendati demikian, Irma berharap PT KAI (Persero) juga harus memperhatikan pelayanan di luar Jawa, bukan hanya di wilayah Jawa saja. Hal ini disampaikan usai dialog BURT DPR RI dengan dirut PT KAI beserta jajarannya di Semarang, Jateng, Sabtu, 11 Juni 2022.

"Kinerja dan pelayanan KAI sudah mulai memperbaiki diri dan sudah mulai terlihat hasilnya, menurut saya cukup bagus hanya saja, KAI tidak boleh memperhatikan pelayanan pelayanan yang hanya di Jakarta atau di Jawa tetapi di luar Jawa masih banyak yang masih belum memenuhi ekspektasi masyarakat," kata Irma seperti dikutip, Senin, 13 Juni 2022.

Selain pelayanan, dia juga menyoroti KAI di luar Jawa yang belum tersentuh, contohnya Sumatra.

Politisi Partai NasDem ini berharap pemerintah tidak hanya fokus kepada kereta cepat Jakarta-Bandung, akan lebih bermanfaat mendorong rute di Jakarta-Surabaya atau Lampung ke Meulaboh Aceh.

Sebab, menurutnya, potensi rute tersebut tidak hanya akan mengurangi biaya transportasi yang tinggi, namun juga membuka lapangan pekerjaan di setiap stasiun dan tentunya nanti akan ada pertumbuhan ekonomi.

"KAI Jangan hanya mempercantik Jawa tetapi juga harus melihat kebutuhan di wilayah seluruh Indonesia seperti di Sumatra," ujarnya.

Berdasarkan nota kesepahaman kerja sama keprotokolan Setjen DPR RI dengan PT KAI (Persero) pada 22 Desember 2021 silam, dia lanjut menjelaskan melalui kunjungan kerja BURT DPR RI ke stasiun Tawang Semarang.

Dia mengaku, pihaknya ingin mengetahui sejauh mana kesiapan PT KAI dalam menghadapi atau memberikan pelayanan kepada para anggota DPR RI beserta keluarga yang tidak menggunakan pesawat atau tidak membawa mobil sendiri.

"Sekarang sudah ada jalan tol bagus, yang kami tanyakan kepada mereka sejauh mana KAI mempersiapkan fasilitas, bukan kami ingin diistimewakan, karena semua harga semuanya sama hanya saja yang kami butuhkan kesiapan ketika misalnya kami mendapat tugas perangkat dalam kondisi urgent, itu yang kita minta bagaimana kesiapan KAI dalam mempersiapkan untuk anggota DPR RI," ucap Irma.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya