News Sabtu, 19 Februari 2022 | 12:02

BMKG Prakirakan Sebagian Wilayah Indonesia Diguyur Hujan Lebat

Lihat Foto BMKG Prakirakan Sebagian Wilayah Indonesia Diguyur Hujan Lebat Ilustrasi hujan. (foto: ist).

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang akan mengguyur sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Sabtu, 19 Februari 2022.

Dalam rilis pers diterima Opsi di Jakarta, Sabtu hari ini, hujan lebat diprakirakan turun di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, serta Nusa Tenggara Timur.

Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga berpeluang mengalami hujan lebat.

BMKG mewanti-wanti hujan lebat bisa menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

Menurut BMKG, wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, dan Nusa Tenggara Barat masuk dalam kategori waspada banjir.

Wilayah provinsi lain yang masuk kategori waspada banjir, yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, Provinsi DKI Jakarta dan Bali diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

Khusus wilayah DKI Jakarta, hujan ringan berpotensi turun di Jakarta Barat dan Jakarta Timur pada siang hari dan Kepulauan Seribu pada dini hari serta hujan dengan intensitas sedang berpeluang terjadi di Jakarta Selatan pada siang hari ini. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya