Daerah Minggu, 20 Maret 2022 | 11:03

BMKG Prakirakan Wilayah Aceh Berpotensi Hujan Angin Kencang Disertai Kilat

Lihat Foto BMKG Prakirakan Wilayah Aceh Berpotensi Hujan Angin Kencang Disertai Kilat Ilustrasi hujan petir. skymetweather.com

Aceh Barat Daya - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan data peringatan dini prakiraan daerah yang berpotensi hujan lebat, kilat dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia, pada Minggu, 20 Maret 2022. Provinsi Aceh, masuk salah satu daerah yeng berpotensi terjadi cuaca demikian.

Dalam informasi dari BMKG, potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diprakirakan terjadi di Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Papua, dan Papua Barat.

Kajian BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Laut Arafuru yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Papua Barat, Laut Arafuru, dan di pesisir selatan Papua.

BMKG, menyebutkan daerah konvergensi lainnya juga terpantau di Sumatra Utara, Kepulauan Mentawai, Sumatra bagian selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi bagian tengah, Laut Banda, dan NTT.

Menurut BMKG, kondisi itu mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah atau sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi itu. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya