News Jum'at, 07 Juli 2023 | 16:07

Buka Rakernas PSBI, Prabowo Subianto Terima Ulos dari Effendi Simbolon

Lihat Foto Buka Rakernas PSBI, Prabowo Subianto Terima Ulos dari Effendi Simbolon Prabowo Subianto diulosi Effendi Simbolon. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto membuka rapat kerja nasional atau rakernas Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) di Hotel Aryaduta, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat, 7 Juli 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum PSBI Effendi Simbolon, Ketua Umum Ina PSBI Desi Trinita Simbolon Boru Tobing, dan Ketua Harian PSBI Raden Simbolon. 

Rakernas dihadiri sejumlah Pengurus Pusat PSBI, Pengurus Wilayah PSBI di 154 wilayah termasuk wilayah California USA secara hybrid.

Menurut anggota DPR RI dari PDIP itu, PSBI merupakan persekutuan kakak adik dan kekerabatan yang berbasis lintas agama hingga politik. 

Dalam 16 tahun perjalanan PSBI ini, hubungannya selalu harmoni.

"Makanya ini lah kami Pak Menteri bagian kecil dari komponen bangsa ini," kata Effendi saat memberikan sambutan.

Effendi mengaku mengenal sosok Prabowo sebagai orang yang paham betul dengan pertahanan berbasis sistem kekerabatan.

PSBI, kata dia hadir sebagai salah satu komponen kecil dari unsur-unsur tersebut.

"Dan pada hari ini kami sebagai salah satu dari unsur pertahanan, akar dari pertahanan adalah masyarakat itu sendiri," katanya.

Effendi mengaku bersyukur karena Prabowo hadir pada rakernas. Berharap Prabowo bakal memberikan pencerahan kepada seluruh anggota PSBI.

"Terima kasih menteri hadir, dan akan memberikan pencerahan kepada kami," kata dia.

Prabowo menyambut baik Rakernas PSBI 2023. Prabowo mengaku banyak dekat dengan tokoh Batak, bermarga Simbolon.

"Saya banyak hubungan emosional dengan marga Simbolon ini, kawan-kawan saya banyak Simbolon itu di tentara, puluhan tahun menjadi teman saya dalam perjuangan," kata dia.

Prabowo menilai, adanya perhimpunan seperti PSBI ini dapat memperkuat ketahanan bangsa. 

Dia mengapresiasi PSBI yang konsisten menjaga silsilah adat dan budaya Batak.

"Jadi kita harus selalu hormat dan bangga dengan orang tua, sesepuh, adat, asal usul kita dan itu yang kita lihat dari himpunan-himpunan seperti PSBI niatnya untuk memelihara adat istiadat, asal usul, budaya, ini sangat penting," ungkapnya.

Prabowo diberikan cinderamata berupa Ulos Batak dengan warna dominan orange. Kain itu, disampirkan langsung Effendi Simbolon. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya