Daerah Selasa, 26 April 2022 | 04:04

Cara Warga Aceh Peduli Anak Yatim Jelang Lebaran

Lihat Foto Cara Warga Aceh Peduli Anak Yatim Jelang Lebaran Penyerahan santunan anak yatim di Abdya. Foto: Opsi/Syamsurizal.

Aceh Barat Daya - Miliki pakaian baru termasuk sandal atau sepatu saat Lebaran menjadi hal yang sangat membahagiakan terutama bagi anak-anak. Jelang Hari Raya Idul Fitri, orang tua di Aceh akan disibukkan dengan berbelanja pakaian baru untuk dipakai anak-anaknya saat hari kemenangan.

Hal ini tentu berbanding terbalik dan akan sangat sedih dirasa oleh anak-anak yatim, yatim piatu dan anak yang orang tuanya bukan orang berkecukupan atau orang miskin. Tentu beda yang mereka rasakan ketika tidak ada orang yang bisa diharap untuk memenuhi kebahagiaan setahun sekali ini.

Namun, di Aceh hal ini akan sama. Masyarakat Aceh akan sangat antusias memperhatikan anak yatim, yatim piatu dan anak yang orang tuanya bukan dari kalangan berada, terlebih menjelang hari besar dalam Islam.

Menjelang lebaran, kegiatan santunan akan sangat sering dilakukan di desa-desa. Penerimanya merupakan anak yatim, yatim piatu, fakir miskin, dan kalangan yang layak menerima. Sumber anggaran, merupakan hasil sumbangan dari warga yang mampu.

Semuanya ingin menyambut Lebaran dengan gembira.

Hal ini seperti yang dilakukan aparatur Desa Mata Ie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Aceh. Anak yatim di desa ini diberi santunan untuk digunakan memenuhi kebutuhannya saat Lebaran nanti.

Kegiatan santunan anak yatim ini dibungkus dengan berbuka puasa bersama anak yatim, warga desa setempat, dan ditutup dengan kegiatan Nuzul Quran.

Kepala Desa (Kades) terpilih Junaidi Idrus mengatakan, kegiatan santunan anak yatim menjelang Lebaran merupakan kegiatan rutin desa. Setiap warga yang mampu antusias menyumbang untuk kemudian diserahkan pihaknya kepada anak yatim.

"Alhamdulillah tahun ini kegiatan ini bisa kita lakukan. Tentu ucapan terima kasih tidak lupa kita ucapkan kepada semua warga yang sudah menyumbang semoga Allah membalas setimpal," kata Junaidi Idrus, Senin, 25 April 2022.

Dia berkata, kegiatan santunan ini akan terus dilakukan setiap tahunnya, dan ke depan diharapnya jumlah santunan akan terus meningkat, sehingga kebutuhan anak-anak menjelang lebaran dapat terpenuhi dan bisa untuk disimpan.

"Dengan adanya santunan ini, anak-anak kita bisa merasakan kebahagiaan dan kegembiraan yang sama dengan anak lain," ucapnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Plt Ketua DPRA Aceh, Safaruddin yang walau jauh di Provinsi Aceh atau di Banda Aceh tetap ikut menyumbang bersama masyarakat demi memperhatikan anak yatim.

"Terimakasih Plt ketua DPRA Safaruddin, yang ikut membantu semoga kebaikannya akan mendapatkan balasan dari Allah dikemudian hari," ucapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya