News Sabtu, 23 April 2022 | 23:04

Diresmikan Anies, di Tebet Eco Park Ada Infinity Link Bridge dan Pet Park

Lihat Foto Diresmikan Anies, di Tebet Eco Park Ada Infinity Link Bridge dan Pet Park Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Tebet Eco Park. (foto: Opsi/Morteza Syariati Albanna).

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Tebet Eco Park pada Sabtu, 23 April 2022. Seusai diresmikan DKI-1, ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta Selatan itu sudah dapat dimanfaatkan masyarakat umum.

Konsep Tebet Eco Park ini menghadirkan keindahan alami taman melalui pemulihan ekosistem dan naturalisasi RTH, serta penyediaan fasilitas taman yang mengakomodasi ragam aktivitas warga.

Baca jugaSudah Diresmikan Anies, Ini 8 Fasilitas Tebet Eco Park

Berikut ini 4 fasilitas keren bagi warga pengunjung Tebet Eco Park:

1. Jembatan Ikonik Infinity Link Bridge

Untuk mempermudah aksesbilitas pengunjung, sisi Utara dan Selatan taman dihubungkan dengan jembatan ikonik setinggi enam meter yang dinamakan Infinity Link Bridge.

Jembatan ikonik ini lahir dari simbol infinity yang memiliki arti "tidak terbatas" dengan makna taman yang menghubungkan semua.

Warna jembatan ini terinspirasi dari warna pohon Leda (Eucalyptus deglupta) yang merupakan pohon eksisting dan memiliki karakter warna yang kuat.

2. Jogging Track

Tebet Eco Park memiliki fasilitas jogging track dengan panjang lintasan 1.734 meter, dilengkapi dengan CCTV.

Kemudian, lampu penerangan taman dan juga dilakukan penataan trotoar di area perimeter sepanjang 1.365 meter yang akan memberikan perasaan aman dan nyaman bagi pengunjung maupun warga sekitar taman.

Baca jugaResmikan Tebet Eco Park, Anies Jelaskan Perbedaan Makna Park dengan Garden

3. Instalasi Seni dan Pet Park

Penempatan instalasi seni dengan bentuk binatang menjadi daya tarik dari Tebet Eco Park, di antaranya terdapat instalasi seni berang-berang, tupai, capung, dan semut.

Taman ini juga menghadirkan pet park bagi pecinta binatang peliharaan untuk bisa bermain di area taman. Pet park ini penempatannya bersebelahan dengan fasilitas kolam alami yang bisa menjadi atraksi bagi anak-anak untuk bermain dan bersentuhan dengan air.

Aktivitas ruang luar bagi pengunjung taman makin seru dengan adanya dua area barbeque di sisi utara taman dan sisi selatannya.

4. Speaker Taman

Fasilitas di Tebet Eco Park menjadi lebih lengkap dengan penambahan speaker taman yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pengunjung ketika adanya kondisi yang membahayakan seperti banjir, angin kencang, hujan petir, dan keadaan lainnya.

Speaker taman yang tersebar di sepanjang taman juga bisa menjadi hiburan bagi pengunjung dengan tema musik tertentu sehingga tetap terbangunnya suasana playful.

Untuk diketahui, di samping menghadirkan Tebet Eco Park, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di bawah komando Anies Baswedan telah memabngun dan merevitalisasi 377 taman, serta menanam lebih dari 140.000 pohon. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya