News Sabtu, 21 Mei 2022 | 16:05

Embarkasi Batam Layani 5.371 Jemaah Haji dari 4 Provinsi

Lihat Foto Embarkasi Batam Layani 5.371 Jemaah Haji dari 4 Provinsi Pihak Kementerian Agama mengecek kesiapan Embarkasi Batam, Sabtu, 21 Mei 2022. (Foto: Kemenag)
Editor: Tigor Munte

Batam - Sebanyak 5.371 jemaah haji akan diinapkan dan dilayani di Embarkasi Batam sebelum diberangkatkan naik pesawat Saudi Arabian Airlines ke Tanah Suci.

Jemaah sebanyak itu berasal dari empat provinsi, yakni Riau 2.304 jemaah haji, Jambi 1.328 jemaah haji, Kalimantan Barat 1.150 jemaah haji, dan Kepulauan Riau 589 jemaah haji.

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik dan Wibowo Prasetyo mengunjungi Embarkasi Batam, Sabtu, 21 Mei 2022.  

"Secara umum, Embarkasi Batam siap berikan pelayanan terbaik bagi jemaah haji 1443 H/2022 M, baik SDM petugas maupun sarana prasarana dan fasilitas lainnya," terang Wibowo dilansir dari laman Kemenag.

Wibowo didampingi Kepala Kanwil Kemenag Kepulauan Riau Mahbub Daryanto saat mengecek kesiapan Embarkasi Batam.

Disebutkan, jemaah haji dijadwalkan mulai masuk asrama Embarkasi Batam pada 14 Juni 2022. Semua kamar tidur dengan kamar mandinya siap digunakan. 

Baca juga:

Kemenkes: 76 Persen Jemaah Haji Sudah Vaksin Lengkap, Sisanya Potensi Tak Diberangkatkan

"Kebutuhan air bersih saya minta diperhatikan betul agar jangan sampai terganggu alirannya. Masjid, ruang makan, dan wastafel dan sabun cuci tangan disediakan," katanya.

Wibowo berujar, masih ada sekitar 20 hari persiapan, tim embarkasi bersama para petugas Kanwil Kemenag Provinsi tengah melakukan finalisasi penyiapan dokumen dan visa jemaah haji. 

Bersama Tim Kementerian Kesehatan, mereka juga terus mendorong percepatan vaksinasi booster bagi jemaah.

"Poliklinik, tenaga kesehatan, dan peralatannya, dipastikan semua sudah siap sebelum jemaah masuk asrama," tegasnya. "Nantinya, boarding dan X-Ray juga akan disediakan di asrama haji," lanjutnya.

Jemaah yang berangkat dari Embarkasi Batam akan terbang dengan Saudi Arabian Airlines. Selain Batam, ada empat embarkasi haji lainnya yang dilayani Saudia, yaitu Palembang, sebagian Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, dan Surabaya. Total Saudi Arabian Airlines akan memberangkatkan 45.866 jemaah. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya