Daerah Rabu, 29 Desember 2021 | 16:12

Enam Desa Terdampak Banjir di Sumba Barat NTB, Ratusan Warga Mengungsi

Lihat Foto Enam Desa Terdampak Banjir di Sumba Barat NTB, Ratusan Warga Mengungsi Banjir melanda beberawa wilayah di Sumba Barat, Nusa tenggara Barat. (Foto: Opsi/Netizen)
Editor: Rio Anthony

Sumba Barat - Daerah Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) terdampak banjir yang menyebabkan ratusan warga mengungsi. Namun, BNPB mengatakan banjir sudah berangsur surut.

"(Banjir) berangsur surut. Kondisi ini terpantau pada Selasa 28 Desember 2021, pukul 20.00 WIB," kata Kapusdatinkom Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Rabu 29 Desember 2021.

Menurut laporan, terdapat 462 warga dan 6 desa yang terdampak banjir tersebut. Keenam desa tersebut di antaranya Desa Baliloku, Weehura, Katiku Loku, Rewa Rara, Rua, dan Taramanu.

"Keenam desa terdampak adalah Desa Baliloku, Weehura, Katiku Loku, Rewa Rara, Rua, dan Taramanu. Warga terdampak sebanyak 105 keluarga atau 462 jiwa," ucap dia.

BPBD melaporkan tidak ada korban jiwa akibat banjir ini.

"Menurut BPBD, bencana tidak mengakibatkan jatuhnya korban jiwa," ucapnya.

Saat ini BPBD bersama TNI, Polri, dan warga sedang melakukan upaya penanganan terhadap dampak yang ditimbulkan banjir ini.

Adanya hujan yang lebat ditambah saluran irigasi yang buruk merupakan penyebab terjadinya banjir ini.

"Di sisi lain, faktor lain berupa penyempitan sungai memperburuk kondisi banjir saat itu. Peristiwa berlangsung pada Senin (27/12) pukul 07.00 waktu setempat," jelasnya.

Meskipun banjir sudah mulai surut, warga setempat masih diimbau untuk waspada akan potensi hujan lebat hari berikutnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya