News Rabu, 04 Mei 2022 | 17:05

Gus Dur Pernah Bilang Kalau Prabowo Akan Jadi Presiden di Usia Tua

Lihat Foto Gus Dur Pernah Bilang Kalau Prabowo Akan Jadi Presiden di Usia Tua Prabowo Subianto kunjungi makam almarhum Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melanjutkan perjalanan silaturahmi Lebaran di Jawa Timur. Prabowo bersama rombongan mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Rabu, 4 Mei 2022.

Setiba di lokasi, Prabowo disambut langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz atau akrab disapa Gus Kikin.

Selanjutnya, Prabowo dan Gus Kikin menggelar pertemuan secara tertutup. Usai pertemuan, Prabowo bersama rombongan dan Gus Kikin bergegas menuju makam almarhum Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

"Saya memang sudah sering datang ke sini, merasa dekat dengan keluarga besar (ponpes) Tebuireng. Dan saat libur ini saya keliling silaturahmi lebaran dengan sahabat sahabat lama saya. Pembahasannya ya yang ringan-ringan saja, melepas rasa kangen ya," kata Prabowo dalam keterangan yang diterima Opsi, Rabu, 4 Mei 2022.

Kedatangan Prabowo ternyata menarik perhatian sejumlah santri dan warga sekitar. Dia pun tak sungkan menerima ajakan berfoto dengan warga yang hadir.

Ditanya terkait sosok Gus Dur, Menteri Pertahanan ini mengungkapkan bahwa dirinya adalah tukang pijat Presiden RI ke-4 itu di masa lampau.

"Ya Gus Dur adalah sosok pemimpin yang pandangannya jauh ke depan (visioner). Beliau juga merupakan sahabat dan saya adalah tukang pijat beliau. Dan saya kira kedekatan saya dengan almarhum sangat dekat ya," ujarnya.

Kedekatan Prabowo dengan Gus Dur memang sudah banyak diketahui publik. 

Hal yang paling diingat antara keduanya yaitu saat Gus Dur menyebut Prabowo Subianto adalah orang yang paling ikhlas.

"Kalau orang yang paling ikhlas kepada rakyat Indonesia itu Prabowo. Ya banyak-lah (hal) yang menunjukkan betapa dia ikhlas betul kepada rakyat Indonesia," ucap Gus Dur dalam acara satu jam lebih dekat di TvOne.

Tak hanya itu, Gus Dur juga pernah berucap bahwa Prabowo akan menjadi presiden di usia tua. 

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh KH Irfan Yusuf Hasyim, salah satu cucu dari pendiri NU KH Hasyim Asyari yang juga keluarga besar Ponpes Tebuireng.

"Saya mengutip ucapannya Gus Dur, beliau pernah mengatakan Pak Prabowo jadi presiden di usia tua. InsyaAllah 2024," ucap Gus Irfan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya