News Rabu, 27 April 2022 | 19:04

Survei IPN: Prabowo Subianto Menjadi Sosok Paling Terkenal

Lihat Foto Survei IPN: Prabowo Subianto Menjadi Sosok Paling Terkenal Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.(Foto:Opsi/Dok Kemenhan)

Jakarta - Lembaga survei Indikator Publik Nasional (IPN) merilis survei nasional calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. 

Dalam rilis itu, terlihat nama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto muncul sebagai tokoh paling disukai.

"Nama Prabowo Subianto menjadi sosok yang paling terkenal dan paling disukai oleh publik. Popularitas Prabowo Subianto berada di 91,3 persen dengan tingkat kesukaan 77,2 persen," kata peneliti senior IPN, Ike Sihotang, dalam rilis survei secara virtual, Rabu, 27 April 2022.

Posisi Ketua Umum Partai Gerindra itu disusul oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dengan popularitas 90,5 persen dan tingkat kesukaan 69,9 persen. 

Kemudian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan popularitas 81,1 persen dan tingkat kesukaan 57,7 persen.

Selanjutnya, Komisaris Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mendapat tingkat popularitas sebanyak 80,0 persen dan tingkat kesukaan masyarakat 24,3 persen. Disusul Ketua DPR Puan Maharani dengan popularitas 77,8 persen namun hanya disukai 30,6 persen.

Di sisi lain, IPN juga memotret elektabilitas sejumlah tokoh potensial Pemilu 2024. Nama Prabowo kembali muncul pada urutan atas dengan 26,9 persen, disusul Ganjar dengan 16,8 persen.

Pada posisi ketiga, ada Anies Baswedan dengan 14,3 persen; Sandiaga Uno dengan 5,1; dan Ridwan Kamil 4,2 persen. 

"Dari seluruh kandidat presiden yang ditampilkan dan disebutkan dalam survei, 26,9 persen publik menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo," ujarnya.

Dia mengungkapkan, alasan nama Prabowo Subianto lebih unggul di mata publik karena dianggap memiliki kecakapan dalam menjalankan tugasnya secara profesional.

"Prabowo berhasil menunjukkan sikap-sikap politiknya dengan sempurna dan menjaga keseimbangan terhadap isu-isu utama yang menjadi perhatian publik," ucap Ike.

Survei IPN diselenggarakan dalam rentang waktu 17-27 Maret 2022 dengan melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi di Indonesia. Survei menggunakan metodologi multistage random samping dengan Margin of Error (MoE) 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya