Daerah Senin, 25 Juli 2022 | 19:07

Harga TBS Kelapa Sawit di Abdya Masih Jauh dari Harapan

Lihat Foto Harga TBS Kelapa Sawit di Abdya Masih Jauh dari Harapan Tandan Buah Segar Kelapa Sawit. (Foto:Opsi/Syamsurizal)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh masih jauh dari harapan petani.

Pengusaha sawit di Kecamatan Babahrot, Yusran Adek mengatakan saat ini pabrik di Abdya membeli TBS dengan harga Rp 1.080 rupiah per kilogram (Kg). Sementara dibeli dari kebun yang punya SP Rp 1.050 rupiah per Kg.

"Dengan harga segitu masih jauh dari harapan kita harga itu ditingkat pabrik, nah harga ditingkat pengepul Rp 800 rupiah per Kg. Oh jauh dari harapan," kata Yusran, Senin, 25 Juli 2022.

Meski harga belum sesuai harapan, Yusran tidak mempersalahkan pihak pabrik, sebab pihak pabrik tidak mungkin membeli mahal sementara dijualnya murah.

"Tentu pihak pabrik juga mencari untung, maka harga disesuaikan. Tapi pada intinya harga sawit belum maksimal," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, harga jual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di sejumlah perusahaan minyak kelapa sawit (PMKS) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh sejak Rabu, 20 Juli 2022 naik di kisaran Rp 1.200 per kilogram (Kg).

Sementara di dua pekan sebelumnya, harga jual di daerah itu bertahan di kisaran Rp 650 hingga Rp 870 per Kg.

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Abdul Latif mengatakan naiknya harga jual TBS kelapa sawit di daerah ini disambut baik oleh petani.

"Alhamdulillah, ia naik sejak Rabu," kata Abdul Latif, Kamis, 21 Juli 2022.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya