News Rabu, 13 September 2023 | 14:09

Ini 16 Tim yang Lolos ke Piala Asia U-23 Tahun 2024

Lihat Foto Ini 16 Tim yang Lolos ke Piala Asia U-23 Tahun 2024 Pemain Tim U-23 Indonesia. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Tim U-23 Indonesia memastikan satu tiket di Piala Asia U-23 Tahun 2024 di Qatar. Indonesia menjadi juara grup K usai mengalahkan China Taipei dan Turkmenistan.

Sebanyak 16 tim dipastikan lolos dan mengikuti Piala Asia U-23 setelah melewati babak kualifikasi.

Tim U-23 Indonesia tergabung di Pot 4 bersama dengan Malaysia, Tajikistan, dan China. 

Untuk fase grup, Indonesia akan berhadapan dengan satu tim dari Pot 1, satu tim dari Pot 2, dan satu tim dari Pot 3.

Drawing grup sendiri belum diketahui kapan dilaksanakan. Tapi untuk kompetisi akan berlangsung sejak 15 April - 3 Mei 2024.

Adapun 16 tim yang lolos ke Piala Asia U-23 adalah Qatar sebagai tuan rumah, Saudi Arabia, Uzbekistan, dan Jepang berada di Pot 1.

Australia, Korea Selatan, Irak, dan Vietnam berada di Pot 2. Kemudian, Thailand, Yordania, Uni Emirat Arab, dan Kuwait di Pot 3.

Malaysia, Tajikistan, Indonesia, dan China berada di Pot 4. 

Sejarah

Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersyukur Marselino Ferdinan dan kawan-kawan dapat memberikan hasil terbaik bagi Indonesia.

"Alhamdulillah, kita lolos Piala Asia U-23 untuk pertama kali sepanjang sejarah. Ini bukti kalau kita bisa," ujar Erick selepas pertandingan melawan Turkmenistan, Selasa, 12 September 2023 malam.  

Erick mengapresiasi perjuangan Garuda Muda yang tampil begitu tenang dan tidak terpancing provokasi lawan.

"Selamat kepada seluruh pemain, pelatih, dan official, kalian layak mendapatkannya setelah berjuang begitu keras, baik dalam latihan maupun pertandingan," ucap Erick. 

Erick memuji sikap para pemain yang bermain tenang. Menurut Erick, ketenangan para pemain menjadi kunci sehingga dapat mendominasi permainan. Erick mengatakan kemenangan ini juga menjadi momentum timnas untuk meningkatkan level permainan di ajang internasional. 

"Setelah kemarin, menang lawan China Taipei, lalu sekarang menang lagi lawan Turkmenistan, tradisi kemenangan seperti ini yang harus terus kita jaga," lanjut Erick. 

Erick menyampaikan kemenangan ini juga kian istimewa lantaran disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi. Erick juga berterima kasih kepada para pendukung dan masyarakat yang tidak pernah berhenti mendukung dan mendoakan timnas. 

"Terima kasih Bapak Presiden dan Ibu Negara yang telah datang mendukung langsung perjuangan Garuda Muda," kata Erick. 

Dengan hasil ini, tim U-23 menyusul kesuksesan timnas senior yang lebih dahulu memastikan satu tempat pada putaran final Piala Asia di Qatar. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya