News Senin, 23 Mei 2022 | 12:05

iPhone 14 Siap Dirilis, Rumor Spesifikasi dan Harga Viral di Media Sosial

Lihat Foto iPhone 14 Siap Dirilis, Rumor Spesifikasi dan Harga Viral di Media Sosial Smartphone iPhone 14. (Foto: Apple)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Perusahaan teknologi komunikasi Apple dikabarkan bakal segera merilis seri telepon pintar besutan mereka, yakni iPhone 14. Smartphone anyar ini, disebut-sebut bakal meluncur pada September 2022 mendatang.

Pada seri ini, Apple meluncurkan sejumlah varian berbeda seperti seri-seri sebelumnya. Ponser baru ini digosipkan bakal hadir dengan varian iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max.

Sementara jelang peluncurannya di pasar smartphone dunia, rumor mengenai spesifikasi, desain hingga teknologi yang tersemat di perangkat iPhone 14 mulai hilir mudik di jagat media sosial.

Salah satu gosip yang paling santer terdengar adalah informasi mengenai spesifikasi canggih iPhone 14 yang kabarnya telah mendapat upgrade dari pendahulunya, yakni iPhone 13.

Rumor ini, menjadi salah satu isu yang paling ramai dipergunjingkan pecinta gadget di berbagai forum diskusi dan media sosial.

Salah satu isu yang menjadi sorotan utama para pecinta gadget adalah spesifikasi lensa kamera yang nantinya akan digunakan pada unit terbaru iPhone 14.

Produk iPhone besutan Apple memang dikenal selalu melakukan upgrade kualitas kamera di setiap peluncuran seri terbaru mereka.

Pengguna iOS memang telah menanti lama kehadiran lensa kamera dengan resolusi lebih besar dengan yang ada saat ini. Terlebih bagi para pengguna yang kerap menjadikan ponsel mereka sebagai alat fotografi dan videografi.

Kendati begitu, informasi sumir yang beredar menyebut bahwa upgrade spesifikasi kamera yang diberikan Apple kepada seri iPhone 14 akan sedikit berbeda.

Mengutip informasi di laman Mac Rumors, seorang analisis Apple, Mark Gurman berpendapat bahwa Apple memang berniat memberikan upgrade fitur dan spesifikasi, khususnya pada varian Pro dan Pro Max.

Lantaran itu, besar kemungkinan peningkatan spesifikasi yang cukup besar hanya akan dirasakan pengguna iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Dari segi dapur pacu misalnya, chipset terbaru A16 Bionic hanya akan tersemat di varian iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Sementara varian iPhone 14 dan iPhone 14 Max, nantinya akan dirilis dengan menggunakan chipset A15 Bionic, seperti yang digunakan Apple pada seri pendahulunya, iPhone 13.

Dari lini kamera, hanya varian iPhone 14 Pro dan Pro Max yang akan mendapatkan kamera dengan peningkatan resolusi sebesar 48 MP. Peningkatan spesifikasi kamera ini juga ditambah dengan LiDAR Scanner.

Sementara kamera di bagian depan, khususnya Face ID, Apple akan menghilangkan notch dan beralih ke desain double punch hole pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

 Smartphone iPhone 14. (Foto: Apple)

Mulai seri iPhone 14, Apple memang akan menghilangkan varian mini pada seri terbaru mereka. Ternyata hal itu berkaitan dengan pasar varian mini yang kurang dinikmati karena ukuran layar yang terbilang kecil.

Dari ukuran layar, diprediksi iPhone 14 dan iPhone 14 Pro akan dibekali dengan layar berukuran 6,1 inci. Kemudian iPhone 14 Max dan iPhone 14 Pro Max akan dibekali dengan layar 6,7 inci.

Pada seri iPhone 14 yang sebelumnya direncanakan hadir di tahun lalu ini, pihak Apple juga digosipkan bakal menyematkan fitur konektivitas satelit.

Jika hal itu benar terjadi, pengguna akan dapat melakukan panggilan telepon atau pesan darurat meski tidak ada jaringan sekalipun.

Ponsel seri iPhone 14 dikabarkan bakal meluncur ke pasaran dengan 4 varian warna, yakni Royal Rose, Deep Purple, Cherry, dan Teal.

Baca juga: Catat! Sinar Biru Pada Gadget Berbahaya Bagi Kesehatan

Baca juga: Jaga Kesehatan Fisik dan Mental Lewat Fitur Canggih di Smartphone

Kehadiran seri iPhone 14 dikabarkan bakal dibandrol harga yang cukup masuk akal. Rumor menyebutkan seri ini akan dijual di pasar Indonesia seharga Rp 11,5 jutaan saja. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya