Hiburan Kamis, 02 Desember 2021 | 11:12

iQiyi Jadi Platform Streaming Terfavorit Sepanjang 2021

Lihat Foto iQiyi Jadi Platform Streaming Terfavorit Sepanjang 2021 Logo layanan streaming video on demand, iQiyi. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Platform pemutar dan penyedia konten video digital iQiyi membagikan garis besar pencapaiannya sepanjang tahun 2021. Salah satunya, peningkatan dua kali lipat pengguna aktif bulanan di Asia Tenggara.

Berkat keunggulan yang ditawarkan, aplikasi iQiyi telah di-download lebih dari 50 juta kali di seluruh dunia pada Januari-Oktober 2021, dan menjadikannya salah satu aplikasi streaming yang paling banyak di-download di Malaysia, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Naiknya jumlah pengguna iQiyi turut didorong oleh konten-konten premium dari Korea, Cina, dan Jepang. Sebut saja My Roommate is a Gumiho, drama Korea yang diproduksi langsung oleh iQiyi ini dinobatkan sebagai Original of The Year setelah berhasil ditonton lebih dari 100 juta kali di seluruh dunia.

Sementara untuk drama Cina, ada pertumbuhan 4x lipat terkait waktu menonton yang dihabiskan penonton internasional di 2021. Sebagian besar ditunjang oleh keberhasilan koleksi drama romantis Sweet On, yang ditonton hingga 180 juta kali.

Kuek Yu-Chuang, Vice President of International Business iQiyi, menyampaikan rencana iQiyi di 2022 untuk memperkuat komitmen dan investasi dalam membawa berbagai kisah unik dari Asia ke layar kaca.

"Sebagai OTT terbesar untuk hiburan Asia, iQiyi akan terus memainkan peran kami untuk mengembangkan ekosistem hiburan di Asia," kata Kuek, dikutip Opsi pada Kamis, 2 Desember 2021.

"Untuk meningkatkan popularitas kami di antara pengguna di Asia, kami bangga untuk terus berkomitmen dan berinvestasi memproduksi konten-konten dari Asia tahun depan; di samping produksi iQiyi Original dari Korea dan Filipina yang telah diumumkan sebelumnya," ujar dia.

Rencananya, Iqiyi bakal merilis lima original series dari Asia Tenggara, hasil produksi Malaysia di Asia TV Forum & Market tahun ini.

Lima original series Malaysia itu adalah My Ofis, Rampas Cintaku, In Sori Naik Lori, Love You Later, dan Restu. Semuanya bisa disaksikan oleh seluruh pengguna iQiyi di 191 negara mulai tahun depan.

Kuek berharap, rangkaian original series ini dapat diterima dan disukai oleh penonton.

"Kami bangga dengan kinerja kami tahun ini yang menunjukkan bahwa ada lebih banyak orang yang mengonsumsi konten berbahasa non-Inggris," kata dia. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya