News Senin, 14 Maret 2022 | 19:03

Jelang MotoGP Mandalika, Polda NTB Fokus 2 Wilayah Pengamanan

Lihat Foto Jelang MotoGP Mandalika, Polda NTB Fokus 2 Wilayah Pengamanan Kepala Polda NTB Irjen Djoko Poerwanto.(Foto:Opsi/Istimewa)

Jakarta - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) memfokuskan pengamanan MotoGP yang akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika menjadi dua kawasan.

"Operasi pengamanan dibagi jadi dua kawasan. Luar dan dalam areal Mandalika," kata Kepala Polda NTB Irjen Djoko Poerwanto di Mataram, seperti mengutip ANTARA, Senin, 14 Maret 2022.

Untuk pengamanan luar, lanjutnya, difokuskan pada koridor masuk hingga pergerakan penonton menuju kawasan Mandalika.

"Kalau di dalam, mulai pengaturan pintu masuk parkir barat dan timur serta pengamanan di dalam sirkuit," ujarnya.

Sementara untuk menuju kawasan Mandalika telah disiapkan lima koridor masuk, yakni Bandara International Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Bangsal, dan Pelabuhan Labuan Haji.

Dalam pengamanan luar kawasan disiapkan pos pengamanan dari masing-masing polres. Untuk Kota Mataram yang menjadi Ibu Kota Provinsi NTB akan disiapkan pos terpadu di eks Bandara Selaparang.

"Lokasi itu (eks Bandara Selaparang) akan digunakan sebagai loket penukaran tiket dan pengangkutan penonton," ucapnya.

Kemudian, pengamanan di dalam sirkuit nantinya akan mulai dilakukan penyekatan di bundaran BIZAM, Kabupaten Lombok Tengah. Kendaraan tidak bisa sembarangan masuk karena harus mengikuti jalur yang telah disiapkan, baik menuju parkiran barat maupun parkiran timur.

"Pemecahan untuk pembagian akses ke kantong parkir itu akan diurai mulai dari bundaran BIZAM," ujar Irjen Djoko Poerwanto.

Bagi penonton yang akan masuk ke kantong parkir timur akan melalui Jalan Bypass BIL-Mandalika. Sedangkan parkir barat akan diarahkan ke kanan atau melalui Sengkol atau bundaran Surfing Mong.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya