News Senin, 21 Februari 2022 | 11:02

Jokowi ke Basarnas: Kita Perlu Tim SAR yang Cepat Tanggap

Lihat Foto Jokowi ke Basarnas: Kita Perlu Tim SAR yang Cepat Tanggap Presiden Jokowi saat Rakernas bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Senin, 21 Februari 2022.

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Indonesia merupakan negara dengan risiko cukup tinggi dalam hal kebencanaan dan kedaruratan. Hal itu ia katakan saat melakukan Rakernas bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Senin, 21 Februari 2022.

"Kecelakaan, bencana alam dan kondisi-kondisi lain yang membahayakan manusia, musibah yang datangnya sulit diperkirakan, sulit diprediksi, bisa terjadi kapan saja, di mana saja, dan bisa menimpa siapa saja," ucapnya.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa kesiapsiagaan dan kewaspadaan sangat penting.

Baca juga: Jokowi Wajibkan Basarnas Perbanyak Inovasi Melek Teknologi

"Kita perlu tim SAR yang cepat tanggap, yang militan, yang mampu memberikan pertolongan yang cepat dan tepat terhadap kondisi yang memerlukan penanganan khusus terhadap bencana, tanggap darurat dan yang membahayakan manusia," ujarnya.

Presiden Jokowi juga mengingatkan bahwa tantangan yang dihadapi Basarnas dalam menghadapi situasi kedaruratan akan semakin besar. Maka itu ia meminta Basarnas berinovasi memanfaatkan teknologi.

"Tetapi dalam situasi apa pun, pelayanan SAR harus sigap dan cepat, untuk menyelamatkan setiap jiwa manusia, di mana pun, dalam situasi apa pun, setiap jiwa harus diselamatkan dari risiko bencana dan kedaruratan lainnya," katanya.

Baca juga: Jokowi Berencana Kemah di IKN, Jaringan Listrik sampai Telekomunikasi Disiapkan

Presiden meminta Basarnas harus segera hadir secara cepat untuk memberikan pertolongan. Jokowi juga mengucapkan terima kasih dan selama ulang tahun ke-50 kepada Basarnas.

"Ulang tahun emas dan sekaligus mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, yang selalu sigap membantu masyarakat, membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di berbagai daerah, di berbagai medan bencana," ujar Presiden Jokowi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya