News Jum'at, 28 Januari 2022 | 18:01

Jokowi: Orang Positif Omicron Bisa Isoman 5 Hari di Rumah

Lihat Foto Jokowi: Orang Positif Omicron Bisa Isoman 5 Hari di Rumah Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyarankan, apabila seseorang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron tanpa gejala, maka sebaiknya langsung melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah selama 5 hari.

"Ketika hasil tes PCR saudara positif tanpa ada gejala, silakan melakukan isolasi mandiri di rumah selama 5 hari," kata Presiden Jokowi dikutip dari video YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 28 Januari 2022.

Jokowi melanjutkan, bila seseorang yang positif Covid-19 mengalami gejala batuk, pilek, atau gejala demam, sebaiknya berkonsultasi ke tenaga kesehatan (nakes) menggunakan aplikasi layanan kesehatan.

"Silakan gunakan layanan telemedicine, atau ke puskesmas, atau ke dokter terdekat," ujar dia.

Menurut Jokowi, dengan melakukan isoman, maka akan mengurangi beban fasilitas kesehatan (Faskes) di puskesmas dan rumah sakit.

"(Pasien) bisa berkurang," ucapnya.

"Ini penting agar fasilitas kesehatan kita dapat lebih fokus menangani pasien dengan gejala berat maupun pasien-pasien penyakit lain yang membutuhkan layanan intensif," ujar Jokowi lagi.

Presiden mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik, selalu indahkan protokol kesehatan, dan kurangi aktivitas yang tidak perlu di luar rumah.

"Saya mengajak saudara-saudara sekalian menjaga kesehatan diri masing-masing sebaik-baiknya untuk meningkatkan imunitas," kata Jokowi.

Untuk diketahui, konfirmasi positif Covid-19 bertambah 9.905 kasus pada hari ini Jumat, 28 Januari 2022.

Dengan demikian, total kasus positif Covid-19 di Indonesia sejak pertama kali diumumkan Maret 2020 mencapai 4.319.175.

Tambahan kasus positif harian ini merupakan yang tertinggi sejak 2 September 2021, yang menyentuh 8.955 kasus.

Dari total kasus Covid-19 itu, sebanyak 4.131.333 di antaranya telah sembuh. Pasien sembuh bertambah 2.028 orang hari ini. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya