News Senin, 05 September 2022 | 20:09

Jokowi Respons Aksi Buruh Geruduk DPR Tolak Kenaikan Harga BBM

Lihat Foto Jokowi Respons Aksi Buruh Geruduk DPR Tolak Kenaikan Harga BBM Presiden Jokowi berpidato saat peluncuran mobil listrik Hyundai Ioniq 5 di Cikarang, Jawa Barat, Rabu, 16 Maret 2022. (foto: YouTube/Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi rencana unjuk rasa elemen masyarakat, salah satunya buruh yang menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Mereka rencananya akan menggelar aksi menggeruduk Gedung DPR RI dan Patung Kuda di Jakarta, Selasa, 6 September 2022.

"Ya ini kan negara demokrasi," kata Presiden kepada wartawan di sela kegiatannya di Jakarta, Senin, 5 September 2022.

Jokowi meminta para pengunjuk rasa menyampaikan aspirasi dengan baik.

"Sampaikan dengan cara-cara yang baik," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta massa yang berencana melakukan unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM untuk tidak melakukan aksi anarkis.

Riza meminta massa untuk mengantisipasi oknum atau kelompok yang memanfaatkan momentum menunggangi unjuk rasa tersebut untuk kepentingan tertentu.

Sementara itu aparat gabungan dari kepolisian, TNI, dan Pemprov DKI mengerahkan 4.000 personel untuk mengamankan aksi unjuk rasa di Jakarta, Selasa, 6 September 2022, di antaranya di kawasan Monumen Nasional (Monas) dan DPR RI, Jakarta.

"Ada sekitar 4.000 personel gabungan," kata Kepala Bagian Operasi Polres Metro Jakarta Pusat Ajun Komisaris Besar Polisi Saufi Salamon di Monas, Jakarta Pusat, Senin hari ini. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya