News Selasa, 18 Januari 2022 | 11:01

Kisruh Haruna Soemitro Vs Shin Tae-Yong, Sekjen PSSI Beri Penjelasan

Lihat Foto Kisruh Haruna Soemitro Vs Shin Tae-Yong, Sekjen PSSI Beri Penjelasan Pelatih Timnas sepakbola Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: dok. PSSI)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi merespons polemik dan perdebatan pecinta sepakbola di jagat maya, menyusul kritik Komite Eksekutif (Exco) Haruna Soemitro terhadap pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Kepada wartawan, Yunus Nusi mengatakan bahwa kritik menjadi hal yang wajar dalam sebuah diskusi dan evaluasi. Ia juga memastikan Ketua Umum Mochamad Iriawan memaklumi lahirnya berbagai pendapat dalam sebuah diskusi di internal PSSI.

"Ketua umum memahami dan memaklumi pendapat dalam sebuah diskusi di internal PSSI tentang timnas Indonesia, baik itu diskusi menyangkut hasil Piala AFF 2020, naturalisasi, jadwal timnas," kata Yunus Nusi, dikutip Opsi pada Senin, 17 Januari 2022.

"Bahkan, apakah penting PSSI akan mengambil posisi sebagai tuan rumah dalam event 2022, baik itu Piala AFF maupun kualifikasi Piala Asia pada Juni 2022," kata dia.

Yunus Nusi mengatakan, semua langkah dalam rapat internal PSSI, diambil berdasarkan keputusan kolektif.

Pelatih Timnas sepakbola Indonesia, Shin Tae-yong berpose dengan Haruna Soemitro . (Foto: dok. PSSI)

Dalam rapat yang memuat kritik dari Haruna Soemitro, kata Yunus, PSSI juga mencapai kesepakatan kolektif untuk tetap mempertahankan kontrak Shin Tae-yong yang diketahui berlaku hingga 2023.

Tidak hanya itu, PSSI juga bisa memperpanjang kontrak tersebut jika performa timnas Indonesia di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong terus meningkat.

"Namun demikian, dalam diskusi dan rapat di internal PSSI, semua tetap menghargai sebuah keputusan yang bersifat kolektif kolegial," kata Yunus Nusi.

"Keputusan kolektif kolegial PSSI itu antara lain tetap memberikan kepercayaan kepada Shin Tae-yong hingga 2023 sesuai kontrak. Bahkan, tidak menutup kemungkinan untuk memperpanjang kontrak jika performa timnas terus meningkat," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Exco PSSI Haruna Soemitro melontarkan kritik keras terhadap Shin Tae-yong lewat pernyataan di sebuah program podcast.

Baca juga: Sebut Shin Tae-Yong Tak Beri Manfaat Bagi Timnas, Haruna Soemitro Disorot

Baca juga: Momen Shin Tae-yong Pertanyakan Kualitas Pertanyaan Deddy Corbuzier

Haruna Soemitro juga menyoroti performa pelatih Shin Tae-yong yang gagal membawa timnas Indonesia menjuarai Piala AFF 2020. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya