News Senin, 17 Januari 2022 | 15:01

Sebut Shin Tae-Yong Tak Beri Manfaat Bagi Timnas, Haruna Soemitro Disorot

Lihat Foto Sebut Shin Tae-Yong Tak Beri Manfaat Bagi Timnas, Haruna Soemitro Disorot Pelatih sepak bola Shin Tae-yong. (Foto: dok. PSSI)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Nama Haruna Soemitro menjadi sorotan publik usai memberikan kritik keras kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pasalnya, anggota Exco PSSI itu menganggap keberadaan sang pelatih tidak memberikan manfaat apapun bagi Timnas.

Kritikan dilontarkan Haruna Soemitro saat menjadi bintang tamu di program bincang-bincang di saluran YouTube semua kanal media daring lokal Indonesia.

"Saya ini banyak mendapat masukan dari pelatih Liga 1," kata Haruna dalam pernyataannya, dikutip Opsi pada Senin, 17 Januari 2022.

"Banyak menelpon saya, diskusi sama saya begini: coaching point apa yang kita dapat dari Shin Tae-yong selama melatih Tim Nasional?" ujar dia.

Haruna Soemitro kemudian mengutip pernyataan teman diskusinya yang menyebut keberadaan Shin Tae-yong yang dinilai masih belum memberikan dampak positif di Timnas Indonesia. 

"Apakah dengan metode dan proses yang dilakukan Shin Tae-yong ini bisa diterapkan dan ditransformasi ke klub sehingga melahirkan liga yang kuat. Faktanya, katanya pelatih yang beri saran pada saya, belum ada," kata dia.

Menurutnya, mayoritas klub Liga 1 melakukan proses dari kaki ke kaki dan proses build-up dari bawah. Namun hal itu tidak diadopsi dan dimaksimalkan oleh Shin Tae-yong sebagai pelatih.

Baca juga: Shin Tae-yong: di Indonesia, Bulutangkis Lebih Berprestasi Ketimbang Sepakbola

Baca juga: Shin Tae-yong Ungkap Alasan Pilih Melatih Timnas Indonesia Dibanding Klub China

"Tapi, proses latihan dan game plane Shin Tae-yong justru direct ball. Passing bergerak, direct ball. Wajar jika Shin Tae-yong menerima pemain yang tidak siap," ucap Haruna Soemitro. []

 

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya