News Minggu, 13 Februari 2022 | 06:02

Kunjungi Pameran Adiwastra Nusantara, Menko Luhut: Lestarikan Budaya Bangsa

Lihat Foto Kunjungi Pameran Adiwastra Nusantara, Menko Luhut: Lestarikan Budaya Bangsa Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat mengunjungi Pameran Adiwastra Nusantara di JCC. (Foto: Opsi/Humas Kemenko Marves)
Editor: Yohanes Charles

Jakarta - Dukung ekonomi kreatif dan UMKM bangsa, Pameran Adiwastra Nusantara hadir untuk mengenalkan kain adat unggulan Nusantara yang diselenggarakan di Jakarta Convention Centre (JCC) 9-13 Februari 2022.

"Acara seperti ini bagus untuk melestarikan budaya bangsa, khususnya anak muda yang akan meneruskan tradisi ini," ungkap Menko Luhut B. Pandjaitan yang hadir langsung di pameran tersebut. 

Luhut mengapresiasi kegigihan para pegiat UMKM yang terus mempromosikan usahanya di tengah pandemi yang melanda.

"Tadi saya lihat kain-kain adat dari berbagai daerah, sebetulnya kain-kain ini sangat merepresentasikan kesatuan bangsa, tidak melihat latar belakang daerahnya," imbuh Luhut. 

Di masa ini, banyak produksi UMKM tradisional yang sudah menyatukan ciri khas Nusantara di dalam karyanya. Hal ini yang dijunjung tinggi demi menciptakan persatuan bangsa.

Luhut menambahkan dalam sisi produksi, tidak hanya kain, produk lainnya seperti furnitur, perhiasan, alat kesehatan wajib pengadaannya tidak impor lagi.

"Jadi kita junjung tinggi produk lokal, tidak hanya memfasilitasi penjual, pemerintah juga harus memikirkan pembeli, maka dari itu kita harus gencarkan produksi dalam negeri agar semakin menarik peminat dalam negeri," tegasnya. 

Baca juga

Luhut: Pengeluaran Turis di Bali Lebih Rendah dari Malaysia

Luhut Pandjaitan: Saya Berjanji Kalau Kalian Investasi di Sini, Kita akan Menjaganya

Dalam pameran ini, Luhut mengelilingi beberapa stand pegiat UMKM dan menikmati hasil-hasil karya yang ada, 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pameran Adiwastra Nusantara, Edith Ratna mengatakan kegiatan ini sudah terselenggara selama 13 tahun,

"Dan menjadi saksi bisu dari perjalanan berbagai UMKM yang ada," kata Edith Ratna.

Ke depannya diharapkan berbagai UMKM Nusantara dapat terus menjadi tulang punggung bagi perekonomian bangsa dan terus melestarikan budaya tradisional Indonesia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya