Daerah Kamis, 10 Maret 2022 | 05:03

Maksimalkan Penanganan Kecelakaan dan Bencana, Basarnas Mamuju akan Uji SAR

Lihat Foto Maksimalkan Penanganan Kecelakaan dan Bencana, Basarnas Mamuju akan Uji SAR Kepala Kantor Basarnas Mamuju, Muhammad Arif Anwar. (Foto: Opsi/Eka Musriang.
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Demi memaksimalkan penanganan saat terjadi kecelakaan atau bencana, Basarnas Mamuju akan menggelar uji pelaksanaan operasi SAR.

Kepala Basarnas Mamuju, Muhammad Arif Anwar mengungkapkan, uji operasi yang akan pihaknya gelar merupakan sebuah tantangan tersendiri.

"Ini merupakan tantangan tersendiri bagi kami dengan jumlah SDM yang sangat terbatas," kata Arif Anwar, Rabu, 9 Maret 2022.

Selain itu, kata Arif Anwar, sarana dan prasarana, serta peralatan SAR yang juga terbatas, tetapi pelaksanaan penanganan kecelakaan atau tidak harus maksimal.

"Sama seperti yang selama ini kami sudah lakukan," katanya.

Ia juga mengungkapkan, uji operasi SAR tersebut merupakan program kerja kantor pusat Basarnas, untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam menangani kecelakaan kapal di wilayah kerja masing-masing kantor Basarnas.

Sementara itu, Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI Marinir Wurjanto menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui seberapa respon tanggap, kendala dan hambatan yang dialami unit kerja di daerah dalam menangani sebuah informasi kecelakaan atau musibah.

"Dengan hasil uji ini pula kami dapat melihat, menilai dan mengevaluasi serta mengetahui kebutuhan Basarnas Mamuju, agar dapat memberikan pelayanan jasa SAR yang maksimal bagi masyarakat," kata Wurjanto. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya