News Senin, 21 Februari 2022 | 11:02

Jokowi Minta Basarnas Perkuat Kolaborasi dan Mitigasi Kebencanaan

Lihat Foto Jokowi Minta Basarnas Perkuat Kolaborasi dan Mitigasi Kebencanaan Presiden Jokowi saat Rakernas bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Senin, 21 Februari 2022.

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) memperkuat kolaborasi dan mitigasi terkait kebencanaan, dengan melibatkan seluruh elemen, termasuk masyarakat.

"Perkuat sinergi dan kolaborasi. Kerja SAR adalah kerja terpadu dengan melibatkan kementerian dan lembaga, melibatkan TNI, melibatkan Polri, melibatkan badan usaha, melibatkan organisasi kemasyarakatan dan potensi SAR lainnya," kata Presiden Jokowi saat Rakernas bersama Basarnas dari Istana Negara Jakarta, Senin, 21 Februari 2022.

Baca juga: Jokowi ke Basarnas: Kita Perlu Tim SAR yang Cepat Tanggap

Presiden meminta Basarnas melibatkan seluruh elemen masyarakat dan memanfaatkan berbagai potensi yang ada, sekaligus membuang jauh ego sektoral dalam menjalankan operasi kemanusiaan. Selain itu Jokowi juga meminta Basarnas memperkuat pencegahan, mitigasi, dan antisipasi bencana.

"Yang juga sangat penting, lakukan edukasi pelatihan teknik SAR secara masif kepada masyarakat. Kita harus membangun kesadaran agar masyarakat semakin peduli dan sigap melakukan upaya preventif, terutama di daerah-daerah yang rawan bencana dan kawasan kedaruratan, agar terbangun budaya SAR dan masyarakat tangguh kedaruratan," ucapnya.

Baca juga: Jokowi Wajibkan Basarnas Perbanyak Inovasi Melek Teknologi

Presiden Jokowi pun berharap Rakernas Basarnas melahirkan gagasan inovatif yang dapat diimplementasikan, berupa terobosan-terobosan penting untuk meningkatkan pelayanan Basarnas kepada masyarakat. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya