News Kamis, 02 Februari 2023 | 11:02

Mantan Pimpinan KPK Saut Situmorang dan Rocky Gerung Dukung Anies di Pilpres 2024

Lihat Foto Mantan Pimpinan KPK Saut Situmorang dan Rocky Gerung Dukung Anies di Pilpres 2024 Rocky Gerung. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang dan Rocky Gerung menyatakan dukungannya terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024.

Hal ini ia sampaikan saat menghadiri deklarasi relawan Kuning, Ijo, Biru (KIB).

"Jadi pertanyaannya Saut ngapain di sini? Jawabannya ya untuk presiden yang berintegritas lah," kata Saut saat menjadi narasumber dalam acara yang digelar di Hotel Century Jakarta, Rabu 1 Februari 2023.

Saut mengungkap dirinya telah yakin Anies akan menjadi presiden sejak menjabat sebagai salah satu pimpinan KPK.

Menurutnya, Anies dapat memandu Indonesia menghadapi tantangan di masa depan.

"Jadi saat ketika saya di KPK, menyimpulkan ini pasti bakal jadi presiden orang ini (Anies Baswedan). Ya saya melihat orang mencari presiden itu orang yang bisa menjawab medan perang Indonesia itu seperti apa. Medan perang kita kan sangat ruwet," ujarnya.

Sementara itu, Rocky Gerung juga yakin Anies akan memenangkan pilpres 2024. Ia menganggap Sekber KIB ini merupakan konsolidasi masa depan.

"Negara ini yang hendak kita pastikan, ke depan memang cuma ada Anies yang diusir dari (jalan) Merdeka Selatan dan akan pindah ke (jalan) Merdeka Utara. Jadi saya percaya bahwa pertemuan ini adalah konsolidasi ide, konsolidasi masa depan," katanya.

Rocky menyebut Anies hanya membutuhkan 51 persen suara pada Pilpres 2024. Ia berpendapat Anies dipilih oleh rakyat sebab yang saat ini sudah tidak lagi dibutuhkan.

"Enggak adil kalau Anies menang 80 persen. Kita cuma butuh 51 persen. Itulah demokrasi. Apakah Anies dipilih karena diperlukan? Tidak. Dia terpilih karena yang sekarang tidak diperlukan," ujarnya.

Sebelumnya, tiga kelompok relawan sepakat mendeklarasikan dukungannya untuk mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai capres di Pilpres 2024. Mereka membentuk Sekretariat Bersama Kuning Ijo Biru (Sekber KIB).

"Kami tiga simpul relawan Go Anies, Forum Ka`bah Membangun, Anies Amanat Indonesia di seluruh Indonesia dengan ini menyatakan membentuk Sekretariat bersama dengan nama Kuning, Ijo, Biru (Sekber KIB)," ujar Ketua Umum Kornas Go Anies Sirajuddin Abdul Wahab di Hotel Century Jakarta, Rabu 1 Februari 2023. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya