Pilihan Selasa, 12 April 2022 | 15:04

Mengintip Beragam Aktivitas Umat di Masjid Agung Abdya Selama Ramadan

Lihat Foto Mengintip Beragam Aktivitas Umat di Masjid Agung Abdya Selama Ramadan Penampakan warga Abdya ngabuburit jelang berbuka puasa. Foto: Opsi/Syamsurizal.

Aceh Barat Daya - Masjid Agung Baitul Qhafur atau masjid yang menjadi ikon Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh tidak ada sepi-sepinya dari beragam aktivitas umat Islam, terlebih di bulan suci Ramadan 1443 Hijriah ini.

Selama bulan Ramadan, kegiatan ke-umatan di masjid yang terletak di Desa Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Abdya ini bertambah, seperti adanya pengajian dan ceramah singkat, serta beberapa kegiatan lainnya.

Bahkan, di waktu tertentu pengunjung yang datang akan melihat anak-anak sedang mengaji. Tidak sedikit juga yang terlihat sedang menghafal ayat Alquran.

Langit-langit Masjid Agung Abdya. Foto: Opsi/Syamsurizal.

Kemudian, tidak jarang ada warga yang membaca Alquran sejenak seusai salat Fardu sambil beristirahat untuk kembali beraktivitas.

Bagi Anda warga luar Abdya yang hendak berwisata religi ke masjid ini, tidak usah takut nyasar. Sebab, dari ibu kota Kabupaten Abdya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk sampai ke masjid. Apalagi, keberadaan rumah ibadah ini mudah ditemui karena letaknya tepat di pinggir jalan provinsi.

Beberapa santri hendak pulang usai mengaji. Foto: Opsi/Syamsurizal.

Ketika sore hari, pemandangan lain akan terlihat. Anda bisa lihat banyaknya warga datang baik untuk sekadar ngabuburit sambil melihat air mancur yang sudah dihidupkan pengelola masjid saat sore dan malam hari. Air mancur ini berada di lantai luar masjid.

Nah, kabar baik lagi, bagi Anda yang musafir tidak usah panik lantaran tidak membawa bekal berbuka puasa ketika sewaktu-waktu melintas saat jelang waktu berbuka. Masjid Agung Abdya selama bulan Ramadan menyediakan makanan dan minuman berbuka gratis untuk musafir maupun warga Abdya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya