News Jum'at, 24 Juni 2022 | 08:06

Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus Bentuk Formasi Sejajar

Lihat Foto Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus Bentuk Formasi Sejajar Ilustrasi planet Jupiter. (Foto: Pixabay)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Fenomena antariksa langka bakal terjadi, yakni saat empat buah planet masing-masing Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus membentuk formasi sejajar pada hari ini, Jumat 24 Juni 2022.

Laman CBSnews melaporkan, peristiwa ini bakal dapat disaksikan dengan mata telanjang dari Bumi, sekaligus menjadi fenomena yang paling "terlihat" oleh para pengamat bintang.

Sebelumnya, Sky & Telescope mencatat bahwa menjadi sebuah hal yang biasa melihat konjungsi dari tiga planet yang berdekatan. Namun, melihat fenomena lima planet bergerak sejajar menjadi peristiwa yang sangat langka.

Majalah sains yang diterbitkan oleh American Astronomical Society itu menuliskan, fenomena planet-planet berbaris dalam urutan alami mereka dari Matahari juga merupakan hal yang luar biasa.

Ilustrasi planet Jupiter. (Foto: Pixabay)

Formasi barisan lima planet itu terlihat mulai tanggal 3 dan 4 Juni, dan susunannya dapat dilihat dengan teropong, hanya sekitar setengah jam, sebelum Merkurius hilang di bawah sinar matahari.

Namun menurut editor pengamat Sky & Telescope, Diana Hannikainen, penampakan fenomena tersebut akan terlihat dengan optimal pada 24 Juni 2022 ini.

Bahkan jika jarak antara Merkurius dan Saturnus meningkat, semakin mudah untuk menemukan Merkurius, sehingga semakin mudah untuk melihat kelima planet.

Baca juga: NASA Luncurkan Teleskop untuk Meneliti Sejarah Pembentukan Bumi

Hannikainen mengatakan bahwa langit pada tanggal 24 pagi "akan menghadirkan pemandangan yang menyenangkan" karena bulan sabit yang memudar juga akan bergabung dengan prosesi antara Venus dan Mars. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya