News Rabu, 22 Desember 2021 | 05:12

Misteri Lokasi Jatuhnya Pesawat Malaysia Airlines MH370 Mulai Terkuak

Lihat Foto Misteri Lokasi Jatuhnya Pesawat Malaysia Airlines MH370 Mulai Terkuak Tertangkap citra satelit diduga pesawat Malaysia Airlines di hutan Kamboja. (Foto: Satelit)
Editor: Rio Anthony

Jakarta - Keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang tujuh tahun silam tertangkap citra satelit di hutan Kamboja.

Dilansir dari Express.co.uk, Selasa 21 Desember 2021, Andre Milne dari Unicorn Aerospace mengklaim dia dan timnya mungkin hampir memecahkan misteri hilangnya pesawat MH370 itu.

Dia mengklaim telah menemukan citra satelit dari apa yang digambarkannya bahwa pesawat nahas tersebut jatuh di dalam hutan Kamboja.

Dia melakukan referensi silang gambar dengan kontaknya di Pentagon AS dan Gedung Putih. Milne mengaku bermaksud meluncurkan misi pengintaian helikopter pada awal 2022.

Komunikasi terakhir awak MH370 terekam di atas Laut Cina Selatan sekitar 38 menit setelah lepas landas.

Tak lama setelah itu, pengendali lalu lintas udara kehilangan jejak pesawat, tetapi masih terlacak oleh radar militer selama sekitar 1 jam.

Data radar menunjukkan pesawat menyimpang dari rute yang direncanakan dan menghilang sekitar 200 mil laut barat laut Pulau Penang, Malaysia.

Milne percaya pesawat itu mungkin jatuh di atas Kamboja yang terletak di timur laut Malaysia, di antara Thailand dan Vietnam.

Dugaan ini muncul setelah beberapa bukti menunjukkan pesawat yang hilang itu terakhir kali di-ping ke seluruh negeri tetapi informasi itu awalnya diabaikan.

Lokasi diduga jatuhnya pesawat MH370 itu berada pada koordinat 12°05`20.0"N 104°09`05.0"E.

Pada mode satelit, terlihat titik tersebut berada di area hijau, yakni hutan. Jika diperbesar, maka terlihat gambar berwarna putih.

Objek berwarna putih itulah yang diduga para penyelidik merupakan badan pesawat MH370 yang hilang sejak 2014 silam. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya