Pilihan Minggu, 21 Agustus 2022 | 15:08

Musik dan Gambar, Jalan Seni Solois Aip DPO

Lihat Foto Musik dan Gambar, Jalan Seni Solois Aip DPO Penyanyi solo, Aip DPO. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Musik dan gambar, menjadi jalan seni Hadi Arif yang dikenal dengan nama panggung Aip DPO. Pria asal Pondok Kopi, Jakarta Timur, itu, memutuskan berjuang di atas kaki sendiri dalam format independen.

Ditemui di kawasan M Bloc, Jakarta Selatan, Aip DPO mengatakan, karier musiknya diawali dengan menjadi additional player. Ia, pernah dipercaya mengisi instrumen gitar mengiringi beberapa band dan solois.

Perjalanan bermusik Aip kemudian berlanjut ketika ia membangun grup band bersama rekan-rekannya di posisi vokalis. Medio 2003-2004, ia kerap ikut meramaikan sejumlah keriaan bersama beberapa grup band yang ia gawangi.

Seiring berjalannya waktu menyelami dunia musik Tanah Air, Aip Dpo kemudian bertemu dengan seorang produser musik yang menyukai musisi atau penyanyi berkarakter unik, yakni Nyonk Kunci.

Di kancah musik, Aip kemudian memutuskan untuk bersolo karier, dan menelurkan beberapa album dan single, termasuk lagu Cerita Si Alan yang terinspirasi dari kisah hidup sutradara Allan Soebakir.

Satir, komikal dan bernas menjadi salah satu ciri yang melekat pada karya musik Aipo DPO. Dia bilang, beberapa lagu diciptakan usai melihat secara langsung kehidupan di jalanan.

Penyanyi solo, Aip DPO. (Foto: Istimewa)

Album perdana Aip DPO dirilis pada 2019 lalu dan diberi tajuk Cerita Si Alan. Album ini, berisi 8 tembang, termasuk fokus track berjudul Cerita Si Alan, dan Pack Saya Ingin Punya Sim.

Album kedua Aip diluncurkan setahun setelahnya dengan mengambil judul Seniman Proyek Tengkiyuh. Di album ini, single Cinta Cintai dan Kau Bilang Aku Jahat menjadi tembang utama.

Sementara album ketiga milik Aip DPO diberi judul Login, dan dirilis pada 2021. Single utama dalam album ini, berjudul Rambu Riot.

Tembang-tembang milik Aip ditulis secara spontan ketika menemukan nada saat bermain gitar. Perihal lirik, ia kerap memasukkan apa saja yang ada di kepalanya, saat proses produksi berlangsung.

Baca juga: Kembali Berkarya di Jakarta, Sinema Pinggiran Bikin Keriaan From Bintan With Love

Baca juga: Qiyansyah dan Aip DPO Sukses Jajakan Karya di Gelaran Hardcoustic

Di sisi lain, Aip DPO juga berkarya di kancah seni rupa. Ia kerap mendapat pesanan untuk membuat karikatur atau gambar dari para kliennya. Karya visual Aip dijajakan melalui akun Instagram @aipdpo_belajarts. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya