News Kamis, 07 Juli 2022 | 11:07

Pembangunan Stadion Mattoanging Butuh Rp 354 M, Pemprov Sulsel Hanya Sanggup Rp 60 M

Lihat Foto Pembangunan Stadion Mattoanging Butuh Rp 354 M, Pemprov Sulsel Hanya Sanggup Rp 60 M Desain Baru Stadion Mattoanging Makassar. (Foto: Dispora Sulsel)
Editor: Rio Anthony

Makassar - Untuk menyelesaikan pembangunan Stadion Mattoanging, dibutuhkan dana Rp 354 Miliar, sementara di tahun 2023 Pemprov Sulsel hanya sanggup menyediakan dana Rp 60 miliar.

Padahal stadion kebanggan masyarakat Sulsel itu sudah dipangkas kapasitas penonton dari 60 ribu menjadi 20 ribu penonton saja.

"Kami mendapatkan gambaran bahwa di tahun 2023 nanti itu ada anggaran Rp 60,750 miliar untuk stadion," kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulsel Andi Arwin Azis di DPRD Sulsel, Selasa 5 Juli 2022.

Anggaran itu kata dia, masih sangat jauh dari anggaran total untuk menyelesaikan pembangunan Stadion Mattoanging sebesar Rp 480 miliar.

Dia menambahkan, untuk tahun ini ada anggaran Rp 66 miliar untuk tahap awal namun belum terserap karena tender ulang belum berjalan.

"Kita tidak masuk pada proses penganggaran, kami maunya langsung tuntas. Tapi kan ada mekanisme pembahasan di TAPD dan Banggar. Pada prinsipnya kami Dispora menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia, kami eksekutor saja," jelas Arwin.

Sementara, PPID Dispora Sulsel Jabal Nur menuturkan kebutuhan anggaran bisa ditekan. Sesuai hasil reviu harga oleh manajemen konstruksi, kebutuhan anggaran di luar pajak 11 persen hanya Rp 381 miliar.

"Tender tertunda sedikit. Dia berharap anggaran bisa hemat Rp 60 miliar," jelasnya.

Di lain pihak, Ketua Komisi E DPRD Sulsel, Rahman Pina menginginkan pembangunan Stadion Mattoanging rampung pada 2024 mendatang.

Namun pihaknya sangat menyayangkan bahwa anggaran untuk pembangunan stadion hanya Rp 60 miliar saja.

"Kalau tahun ini hanya Rp 60 miliar, dan tahun depannya lagi Rp 60 miliar, berarti pembangunan Stadion Mattoanging tunggu enam tahun lagi baru rampung," sesalnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya