Hiburan Senin, 21 November 2022 | 10:11

Pembukaan Piala Dunia 2022 Diwarnai Pembacaan Al-Quran Surat Al-Hujurat Ayat Ke-13

Lihat Foto Pembukaan Piala Dunia 2022 Diwarnai Pembacaan Al-Quran Surat Al-Hujurat Ayat Ke-13 Trofi Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: Dok. Fifa.com)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Gelaran pesta sepakbola terbesar Piala Dunia 2022 Qatar resmi dibuka dengan berbagai suguhan menarik, termasuk pembacaan ayat suci Al Quran surat Al-Hujurat ayat ke-13 oleh Ghanim Al Muftah.

Berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor pada Minggu, 20 November 2022 waktu setempat, acara pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar diramaikan kehadiran aktor Morgan Freeman yang membaca narasi bersama Ghanim Al Muftah.

Keduanya saling berkisah tentang kemanusiaan dan persatuan di hadapan 60 ribu lebih penonton yang hadir di stadion, serta jutaan pasang mata yang menyaksikan melalui siaran televisi.

Dalam kesempatan itu, Ghanim Al Muftah membacakan surat Al-Hujurat ayat ke-13 yang berbunyi: `Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja`alnākum syu`ụbaw wa qabā`ila lita`ārafụ`

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal."

Usai pembacaan ayat tersebut, Morgan Freeman kemudian menegaskan bahwa pesta sepakbola Piala Dunia 2022 terbuka bagi seluruh manusia di dunia. Dia bilang, kunci persatuan dunia adalah keterbukaan untuk melihat sisi lain dari dunia.

"Ini adalah undangan untuk seluruh dunia dan semua orang diterima di sini," kata Morgan Freeman, dikutip Opsi pada Senin, 21 November 2022.

"Alih-alih melihat sisi yang lain, kami mengabaikannya dan menuntut sisi kami sendiri, sekarang dunia terasa semakin jauh dan terbagi. Bagaimana bisa begitu banyak negara, bahasa, dan budaya bersatu jika hanya terus melihatnya dari satu sisi," ujar dia.

Acara pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar kemudian berlanjut dengan suguhan spektakuler lainnya, termasuk musik, tarian dan pesta kembang api.

Baca juga: Jungkook BTS Bawakan Single Dreamers di Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar

Baca juga: Jungkook BTS Bakal Tampil di Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar

Salah satu yang tak kalah menjadi perhatian adalah munculnya Jungkook BTS membawakan single terbarunya yang merupakan lagu tema alias soundtrack Piala Dunia 2022 berjudul Dreamers. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya