Daerah Sabtu, 08 Juli 2023 | 15:07

Pembukaan Sinode ke-75 GPI, Wali Kota Singgung Siantar Kota Toleransi

Lihat Foto Pembukaan Sinode ke-75 GPI, Wali Kota Singgung Siantar Kota Toleransi Pembukaan Sinode Tahunan ke-75 Gereja Pentakosta Indonesia (GPI), di Pusat Kegiatan Gereja Pentakosta Indonesia, Jalan Asahan, Kabupaten Simalungun, Jumat, 7 Juli 2023. (Foto: Istimewa)

Siantar - Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani diwakilkan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Drs Pardamean Silaen, membuka pelaksanaan kegiatan Sinode Tahunan ke-75 Gereja Pentakosta Indonesia (GPI), di Pusat Kegiatan Gereja Pentakosta Indonesia, Jalan Asahan Km 4 Simpang Rambung Merah, Kabupaten Simalungun, Jumat, 7 Juli 2023.

Pardamean mengungkapkan, saat ini dan ke depan, tantangan yang dihadapi masyarakat semakin kompleks. Dibutuhkan peran berbagai pihak, termasuk lembaga agama seperti gereja untuk menjawab tantangan tersebut.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu mengambil tema: Ayub 9 Ayat 16: Bila Aku Berseru Ia Menjawab, serta sub tema: Mencari Jawaban Persoalan Kontemporer Gereja dengan Hikmat Tuhan.

Dalam sambutan tertulisnya, dr Susanti berharap momentum sinode itu menjadi penting artinya dalam merumuskan langkah-langkah organisasi dalam mengevaluasi sampai sejauh mana pelaksanaan program pelayanan yang telah dilakukan.

Kemudian, menginventarisir berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi selama ini, serta merumuskan berbagai program strategis dalam rangka meningkatkan peran gereja dalam pelayanan, pembinaan jemaat, dan pewartaan di masa mendatang.

Melalui Sinode GPI ini, wali kota berharap hendaknya dapat membawa gereja kepada perwujudan pembaharuan yang bersinergi dengan berbagai perkembangan dan dinamika kehidupan masyarakat yang semakin berkembang.

"Semoga dengan dilaksanakannya Sinode Tahunan ke-75 GPI ini, akan dapat menyumbangkan pemikiran-pemikiran baru dalam meningkatkan partisipasinya untuk mengisi kegiatan pembangunan keagamaan maupun sosial kemasyarakatan," ucap Susanti.

Ia menambahkan, Pemko Siantar senantiasa memberikan ruang kebebasan bagi setiap pemeluk agama untuk menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaannya.

Menurutnya, di beberapa kesempatan, dirinya sebagai wali kota senantiasa menghadiri kegiatan dan perayaan keagamaan, untuk menunjukkan sebagai orang yang beragama, harus menjadi penebar rahmat, penebar rasa peduli, serta mampu menjaga persaudaraan, persatuan, dan kedamaian.

"Tentunya, saya dan kita semua menginginkan Kota Pematang Siantar selalu rukun, damai, serta kondusif. Karena itulah modal untuk membangun Kota Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," tuturnya.

Ia juga menilai pentingnya semua pihak untuk terus menjaga toleransi beragama. Apalagi, sambungnya, Siantar telah dikenal sebagai Kota Toleransi yang harmonis di tengah kemajemukan masyarakatnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan sangat penting sinergitas tiga pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu pemerintah, agama, dan adat dalam menciptakan kehidupan yang damai dan tenteram.

"Saya berharap Sinode Tahunan ke-75 Gereja Pentakosta Indonesia ini dapat menghasilkan keputusan serta program yang bermanfaat bagi peningkatan dan pengembangan pelayanan di tengah-tengah jemaat dan masyarakat," pungkasnya.

Selain itu, lanjutnya, GPI mampu mengambil peran dalam mewujudkan perdamaian, keadilan, persatuan, dan kesatuan antar sesama umat dan masyarakat yang dilandasi sikap toleransi dan perilaku hidup yang penuh kasih.

"Semoga kerja sama, sinergitas, dan kolaborasi antara Gereja Pentakosta dengan Pemko Pematang Siantar dapat terus ditingkatkan dan tetap terjaga," ucap Susanti.

Hadir pada kegiatan ini, Ketua Umum GPI Rev Dr MH Siburian, tokoh masyarakat Sumatra Utara (Sumut) Parlindungan Purba, dan sejumlah Unsur Forkopimda.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya