News Rabu, 19 April 2023 | 11:04

Pesan Kapolri, Jika Mudik Jangan Lupa Matikan Kompor di Rumah

Lihat Foto Pesan Kapolri, Jika Mudik Jangan Lupa Matikan Kompor di Rumah Kapolri Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Pemudik diingatkan untuk memberitahu polisi di tempatnya jika meninggalkan rumah. Sebelum berangkat, pastikan rumah dalam kondisi baik, terutama kompor gas dimatikan.

Hal sedetail itu menjadi atensi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ketika melakukan peninjauan kesiapan arus mudik di Terminal Purabaya, Jawa Timur, Selasa, 18 April 2023 malam.

Kapolri ke sana ditemani Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Secara khusus Kapolri Sigit berpesan kepada pemudik untuk menjaga kondisi tubuh dan jangan memaksakan berkendara jika dalam kondisi lelah. 

Dia mengatakan, pemudik bisa beristirahat di lokasi rest area yang telah disediakan.

Kapolri pun mengimbau masyarakat untuk menginformasikan kepada kepolisian setempat sebelum melakukan perjalanan mudik. 

Kata dia, dengan adanya informasi itu, nantinya jajaran kepolisian dapat melakukan patroli untuk  menjaga rumah pemudik yang kosong atau ditinggalkan selama berada di kampung halaman untuk merayakan Lebaran.

BACA JUGA: Arus Mudik, Menteri Basuki Urusannya Infrastruktur Sudah Siap

“Kemudian paling utama rumah yang ditinggalkan disampaikan ke petugas. Sehingga kita kemudian bisa lakukan patroli untuk mengamankan rumah kosong dan kita ingin masyarakat yang berangkat mudik juga keadaan tenang karena Polri dan TNI selalu mengawal dan amankan terkait perjalanan maupun rumah-rumah yang ditinggalkan,” katanya.

“Yang penting jangan lupa kompor dimatikan, pintu dikunci, dan pastikan saat tinggalkan rumah dalam keadaan baik,” imbuh dia.

Kesiapan Pos dan Personel

Kapolri turun ke Jawa Timur untuk memastikan Operasi Ketupat Lebaran 2023 telah berjalan dengan baik. 

Kapolri dan Panglima TNI mengecek pos terpadu Purabaya yang melibatkan seluruh stakeholder, TNI, Polri,  Kemenhub, dan dishub daerah. 

Di sana ada juga unsur-unsur dari dokkes untuk memberikan pelayanan terhadap kegiatan yang ada di Terminal Purabaya. 

Kondisi Terminal Purabaya ada peningkatan 15 sampai dengan 20 persen aktivitas masyarakat, dibandingkan dengan kondisi normal.

Petugas selalu siap memastikan kesehatan sopir bus yang mengangkut masyarakat melakukan perjalanan mudik. Pengendara bus juga dilakukan pengecekan narkoba.

BACA JUGA: Arus Mudik 2023, Jokowi Gak Mau Merak Gak Siap

Selain tes kesehatan, di Terminal Purabaya juga telah dilakukan prosedur ramp check atau memastikan kendaraan bus laik jalan.

Jawa Timur menjadi salah satu wilayah yang menjadi tujuan terbesar arus mudik. Dia menginstruksikan seluruh jajarannya memberikan pelayanan dan pengamanan terbaik kepada masyarakat.

“Personel-personel kita turunkan. Kami juga turunkan perwira tinggi dari Mabes untuk memantau langsung apabila ada hal-hal yang perlu di backup dari Mabes Polri agar segera bisa dikoordinasikan,” ucapnya.

Korlantas Polri dilaporkannya, telah menerapkan rekayasa lalu lintas One Way di Tol Cipali hingga Kalikangkung. Kebijakan itu dilakukan demi mewujudkan arus lalu lintas yang lancar dan nyaman. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya