Daerah Kamis, 26 Januari 2023 | 18:01

Pesan Pj Bupati Abdya saat Membuka Tusa Fair SMAN Unggul Tunas Bangsa

Lihat Foto Pesan Pj Bupati Abdya saat Membuka Tusa Fair SMAN Unggul Tunas Bangsa Pj Bupati Abdya, Darmansah. (Foto: Opsi/istimewa).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Blangpidie - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Darmansah membuka kegiatan Tusa Fair di SMAN Unggul Tunas Bangsa, Kamis, 26 Januari 2023.

Dalam penyampaiannya, Darmansah berpesan kepada para anak didik agar melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas, pengetahuan dan kemampuan serta minat belajar yang lebih tinggi lagi.

Selain itu, Darmansyah juga berharap kepada para peserta untuk tidak hanya sebatas mengikuti perlombaan semata, melainkan harus menggunakan setiap kesempatan untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anak didik di setiap bidang studi yang ada.

"Dalam membangun dan meningkatkan taraf kemajuan di sebuah daerah, perlu adanya peningkatan kualitas daerah itu sendiri, termasuk peningkatan sumber daya manusianya. Untuk itu kami selaku Pemerintah sangat mendukung kegiatan ini," kata Darmansyah.

Dirinya mengimbau seluruh elemen terkait agar saling bahu membahu dalam mewujudkan cita-cita bersama ini.

Dia percaya dengan terus bersinergi dan berkoordinasi antara pemerintah dengan elemen-elemen terkait lainnya, sehingga Abdya akan unggul dalam segala sektor, salah satunya sektor pendidikan.

"Kami minta seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan Tusa Fair dengan sungguh-sungguh, agar pada akhir kegiatan nantinya selain dapat kita peroleh insan yang benar-benar memenuhi kategori penilaian para dewan juri, juga dapat mengaktualisasikan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari," ucapnya.

Sementara Kepala SMAN Unggul Tunas Bangsa, Naini Afrita menjelaskan bahwa TUSA FAIR ini merupakan acara tahunan yang diselenggaran oleh SMAN Unggul Tunas Bangsa.

Tahun ini Tusa Fair mengusung tema “Kibarkan kreatifitas dalam mewujudkan impian yang menjulang di SMAN Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat Daya”.

"Tahun ini even Tusa Fair masuk tahun ke-2 penyelenggaraannya sejak 2020 lalu, hal ini dikarenakan tahun-tahun sebelumnya dunia dihadapkan pada kondisi dimana merebaknya virus mematikan yakni COVID-19, oleh sebab itu dua tahun terakhir tidak ada penyelenggaraan even serupa di SMAN Unggul Tunas Bangsa," kata Naini Afrita.

Kegiatan Tusa Fair ini diselenggarakan mulai 26-28 Januari 2023 yang di buka langsung oleh Pj Bupati.

"Kegiatan ini kita laksanakan untuk melatih para siswa agar mampu mengorganisir sebuah kegiatan berskala besar dan luas. Hal ini juga untuk membentuk para siswa agar memiliki karakter profil pelajar Pancasila yang tercermin ke dalam dimensi-dimensi yang ada. Diantaranya bernalar kritis, kreatif, gotong royong, dan mandiri," sebutnya. []

Katanya, hal ini tentu sejalan dengan UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional. Disamping itu juga bertujuan sebagai ajang unjuk kemampuan kreatifitas para siswa tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA di Abdya maupun se-pantai Barat Selatan Aceh," terangnya.

Menurutnya, dengan adanya penyelengaraan Tusa Fair ini diharapkan dapat menjadi bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Abdya. Pada tahun ini ajang Tusafair melibatkan siswa/i SD/MI, SMP/MTs se-Abdya dan siswa/i SMA/MA se-pantai Barat Selatan Aceh.

"Adapaun jenis lomba yang diselenggarakan pada Tusafair tahun 2023 ini adalah untuk tingkat SD jenis kegiatan yang diperlombakan rangking 1 dan tahfidz juz 30, untuk jenjang SMP/MTs jenis kegiatan yang diperlombakan Cerdas Cermat Sains, Rangking 1, Hitung Cepat, Storry Telling, Rapai dan vokal solo sementara untuk jenjang SMA/MA jenis kegiatan yang diperlombakan Essay dan fotografi," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya