News Senin, 02 Januari 2023 | 08:01

Piala AFF, Hari Ini Timnas Indonesia Laga Krusial Melawan Filipina

Lihat Foto Piala AFF, Hari Ini Timnas Indonesia Laga Krusial Melawan Filipina Pemain timnas senior Indonesia rayakan gol saat menghadapi Brunei Darussalam. (Foto: PSSI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Lanjutan Piala AFF 2022 dilakoni timnas senior Indonesia melawan Filipina di Grup A di Stadion Rizal Memorial, Manila pada Senin, 2 Januari 2023.

Laga krusial yang akan dimainkan Pratama Arhan dan kawan-kawan tersebut kick off pukul 19:30 WIB.

Ini merupakan laga terakhir di fase grup. Indonesia kini menempati posisi kedua di bawah Thailand, yang sama-sama mengantongi tujuh poin. Indonesia kalah dalam selisih jumlah gol.

Timnas membutuhkan kemenangan atas Filipina guna memastikan tiket semifinal. Pada pertandingan lainnya, Thailand akan berhadapan dengan Kamboja, yang juga memiliki peluang untuk lolos ke semifinal.

Tim asuhan Shin Tae-yong sudah melakoni tiga laga sebelumnya, dua kali menang dan satu kali seri. Menang 2-1 atas Kamboja, dan 7-0 atas Brunia Darussalam.

Indonesia bermain seri 1-1 saat melawan Thailand di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 29 Desember 2022 lalu serta disaksikan ribuan penonton dan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Menang 1-0 atas Al Khaleej, Al Nassr Pimpin Klasmen Sementara Liga Arab Saudi

Untuk menghadapi timnas Filipina, Pratama cs sudah bertolak dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang dan tiba di Filipina pada Jumat, 30 Desember 2022 pukul 21.00 waktu setempat.

Keesokan harinya, Shin bersama para pemain menggelar latihan ringan di hotel tempat mereka menginap. Malam harinya kemudian melakukan latihan di Stadion Rizal Memorial.

Usai latihan tersebut, kiper timnas Nadeo Argawinata mengungkapkan kesiapan timnas menghadapi tuan rumah Filipina.

Nadeo menyebut ini merupakan laga krusial, jalan bagi timnas untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022.

"Kami siap ikuti taktik dan stratregi dari pelatih coach Shin. Kondisi pemain juga butuh adaptasi melihat lapangan pakai rumput sintetis tapi itu tidak jadi masalah besar. Untuk keseluruhan kami pasti siap," kata Nadeo, dilansir dari laman PSSI, Senin, 2 Januari 2023.

Nadeo mengakui, postur para pemain Filipina rata-rata bagus dan tinggi besar. Sebagai tuan rumah, Filipina berambisi menang.

Nadeo memprediksi Filipina akan mengandalkan long ball. "Saya prediksi mereka akan mengandalkan bola-bola di belakang kami, dalam arti bola long ball," kata pemain Bali United tersebut.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya