Daerah Kamis, 02 Juni 2022 | 18:06

Pohon Kurma Tumbuh Subur di Karo, Wagub Ijeck Takjub

Lihat Foto Pohon Kurma Tumbuh Subur di Karo, Wagub Ijeck Takjub Wagub Sumatra Utara, Musa Rajekshah memperhatikan pohon kurma yang tumbuh subur di dataran tinggi di Kabupaten Karo. (Foto: Istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Andi Nasution

Medan - Kabar pohon kurma tumbuh subur di Kabupaten Karo menarik perhatian Wakil Gubernur Sumatra Utara (Sumut), Musa Rajekshah.

Wagub lantas mengunjungi kebun kurma dan bertemu langsung dengan pemiliknya, Bena Ukur Tarigan di Kutambaru, Kecamatan Tiganderket, Rabu, 1 Juni 2022.

Kedatangan pria yang akrab disapa Ijeck ini, disambut hangat oleh Bena Ukur dan Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang.

Ijeck pun mengaku takjub dan ini menjadi pengalaman pertamanya melihat pohon kurma tumbuh subur di dataran tinggi 750 Mdpl.

"Saya baru ini punya pengalaman hidup, melihat pohon kurma tumbuh di dataran tinggi, ketinggiannya sekitar 750 Mdpl di Desa Kutambaru, Kabupaten Karo dan berbuah," kata Ijeck.

"Buahnya pun tak sekadar berbuah, tapi buahnya setelah saya rasa sama seperti kurma Ruthob yang dibeli di Madinah. Ini luar biasa, berkah dari Tuhan untuk Bapak Bena dan warga. Lihat semua orang dari Medan termasuk saya banyak datang kemari," sambungnya.

Dia mengaku senang karena Bena Ukur mau membagi ilmu dan bersedia bila dibutuhkan untuk membudidayakan kurma di Sumut.

Ijeck meyakini tak hanya wisatawan lokal atau dari Sumut saja yang akan mengunjungi kebun kurma ini.

Untuk itu, dia berharap ke depan Desa Kutambaru bisa menjadi destinasi wisata khusus buah-buahan.

"Tinggal Bu Cory nanti bagaimana mengembangkan lagi, jadikan Berastagi ini semakin bangkit pariwisatanya, dan dengan pariwisata ekonomi bangkit, masyarakat juga semakin sejahtera," tuturnya.

Sedangkan Bena Ukur mengaku siap membantu agar kebun kurma bisa tumbuh dan berbuah baik itu di dataran tinggi atau dataran rendah di Sumut.

Bena mengisahkan lahan kurma yang dimilikinya ada seluas 1.800 meter persegi, dengan 200 batang pohon kurma yang terdiri dari 165 pohon betina dan 35 pohon jantan. Beberapa pohon berbuah setelah 3 tahun ditanam dan seluruhnya berbuah di tahun keempat.

"Bibit kurma ini saya dapatkan dari Inggris, merupakan hasil teknik kultur jaringan," ucapnya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya