News Kamis, 22 Juni 2023 | 18:06

Potensi Karhutla di Sumsel Cukup Tinggi, BNPB Berikan Dukungan Penanganan

Lihat Foto Potensi Karhutla di Sumsel Cukup Tinggi, BNPB Berikan Dukungan Penanganan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Palembang- Sumatra Selatan merupakan salah satu provinsi di Tanah Air yang sudah menetapkan status Siaga Darurat Bencana Karhutla.

Mengecek kesiapan daerah tersebut, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menggelar rapat koordinasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Sumatra Selatan, di Griya Agung, Palembang, pada Kamis, 22 Juni 2023. 

Sejumlah pejabat terkait termasuk Gubernur Sumatra Selatan dan Kapolda Sumatra Selatan hadir,

Menurut Suharyanto, pertengahan tahun 2023 cuaca lebih panas dari tahun-tahun sebelumnya, akan lebih banyak kemaraunya dibandingkan dua tahun terakhir.

"Potensi ancaman karhutla cukup tinggi di Sumsel. Kehadiran BNPB untuk memberikan bantuan dan dukungan agar menekan kejadian kebakaran hutan dan lahan," katanya.

BACA JUGA: Dua Tahun Terakhir Karhutla Menurun 78 Persen, Pemda Jangan Lengah

Dikatakan, BNPB telah mendorong enam helikopter water bombing, satu pesawat dan satu helikopter patroli udara untuk menunjang penanganan Karhutla di Sumsel.

Kemudian dengan beberapa lembaga lainnya melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

"Dengan adanya TMC diharapkan turun hujan untuk mengisi embung-embung ataupun penampungan air sehingga pasukan darat dapat dengan mudah memadamkan api. TMC sangat efektif untuk membasahi lahan guna mencegah karhutla, tentu saja dilakukan saat masih ada awan awan hujan seperti sekarang," ujarnya. 

Selain dukungan operasi udara, BNPB turut mengirimkan dukungan untuk operasi darat penanganan Karhutla. 

Karhutla menjadi perhatian serius dari pemerintah pusat, seperti disampaikan secara berulang kali oleh Presiden Joko Widodo. 

"Memprioritaskan upaya pencegahan, kemudian melakukan penegakan hukum tidak ada toleransi," ucap Suharyanto. 

Suharyanto berharap agar penanganan karhutla di Sumsel berjalanan efektif dan optimal. 

"Jangan tunggu api besar, langsung dipadamkan, operasi udara akan sia-sia jika api sudah besar. Harapan Saya di 2023 karhutla dapat benar-benar terkendali," pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya