News Kamis, 03 Maret 2022 | 16:03

Prabowo Subianto-Tri Handoko Tandatangani MoU Riset dan Inovasi Kemenhan-BRIN

Lihat Foto Prabowo Subianto-Tri Handoko Tandatangani MoU Riset dan Inovasi Kemenhan-BRIN Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko.(Foto:Opsi/Istimewa)

Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko menandatangani MoU tentang Riset dan Inovasi Serta Pemanfaatan dalam Mendukung Pertahanan Negara di Kemhan, Jakarta, Rabu, 2 Maret 2022.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah awal dari kolaborasi antara kedua institusi dalam upaya penguasaan teknologi pertahanan.

Menhan Prabowo mengatakan, kerja sama antara Kemenhan dan BRIN ini merupakan langkah awal yang strategis dan berpotensi menghasilkan banyak hal yang lahir dari riset dan pengembangan di bidang pertahanan. Oleh karena itu, kolaborasi ini perlu ditindaklanjuti secara konkret.

"Masa depan bangsa ini di tangan para ilmuwan, scientists, technologists, engineers, and mathematicians. Pertahanan kita kuat dengan teknologi yang kuat. Dan untuk itu kami merintis kerja sama dengan BRIN. Ini awal dari suatu terobosan," kata Menhan Prabowo meneruskan keterangannya, Kamis, 3 Maret 2022.

Sementara itu, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan bahwa kerja sama ini adalah awal dari potensi yang harus digali bersama antara Kemenhan dan BRIN. 

Dia mengatakan, BRIN siap dalam mendukung research and development holding BUMN industri pertahanan.

Adapun pada kesempatan yang sama juga ditandatangani perjanjian kerja sama antara Kemhan dan BRIN tentang litbang bidang pertahanan oleh Kabalitbang Kemhan Marsda TNI Julexi Tambayong dan Plt Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN Mego Pinandito.

Saat melaksanakan penandatanganan MoU dengan BRIN, Menhan Prabowo didampingi oleh Wamenhan M. Herindra, Sekjen Kemenhan Mardsya TNI Donny Ermawan Taufanto, Irjen Kemenhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, Rektor Unhan RI Laksdya TNI Amarullah Octavian, dan Asisten Khusus Menhan Bidang Manajemen Kebijakan Pertahanan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin.

Kemudian, Dirjen Pothan Kemenhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha, Dirjen Kuathan Kemenhan Laksda TNI Bambang Irwanto, Kabalitbang Kemenhan Marsda TNI Julexi Tambayong, Karopeg Setjen Kemenhan Brigjen TNI Aufit Chaniago, Karokum Setjen Kemenhan Marsma TNI Yuwono Agung N., dan Karo Turdang Setjen Kemenhan Marsma TNI Muhammad Idris.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya