News Jum'at, 10 Juni 2022 | 12:06

Presiden Jokowi Perintahkan Kemenlu Bantu Maksimal Kepulangan Jenazah Eril

Lihat Foto Presiden Jokowi Perintahkan Kemenlu Bantu Maksimal Kepulangan Jenazah Eril Ilustrasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi menelepon seseorang dari Istana. (foto: Opsi/ist).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kementerian Luar Negeri dan Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad agar membantu proses kepulangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang meninggal dunia di Sungai Aare, Bern, Swiss.

“Saya sudah perintahkan kepada Kementerian Luar Negeri dan kepada duta besar untuk secara maksimal membantu kepulangan jenazah dari Swiss ke Indonesia dan kita harapkan insyaallah bisa segera terlaksana pemulangan jenazahnya,” kata Presiden Jokowi di Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 10 Juni 2022.

Baca jugaRidwan Kamil Kumandangkan Azan di Telinga Persis Seperti Saat Eril Lahir

Presiden sebelumnya sudah berkomunikasi dengan Ridwan Kamil dan menyampaikan dukacita mendalam atas wafatnya Eril.

“Dua hari yang lalu saya sudah berkomunikasi dengan Pak Ridwan Kamil untuk menyampaikan duka cita yang mendalam, Alhamdulillah sudah ditemukan,” ujar Jokowi.

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad sebelumnya mengumumkan Jasad Emmeril Kahn Mumtadz telah ditemukan pada Rabu, 8 Juni 2022 waktu setempat, berdasarkan keterangan dari Kepolisian Kanton Bern.

Baca jugaJenazah Eril Ditemukan, Ridwan Kamil: Sungguh Tuhanku, Kami Tenang Sekarang

Jasad Eril ditemukan pada sekitar pukul 06.50 pagi waktu Swiss atau pukul 11.50 WIB, Rabu, 8 Juni 2022.

Keterangan yang diterbitkan Kepolisian Bern pada Kamis, 9 Juni 2022, menyebutkan bahwa jasad Eril ditemukan oleh seorang pria di Bendungan Air Engehalde, Bern.

Ridwan Kamil telah mengajukan izin ke luar negeri dari tanggal 9 hingga 19 Juni 2022 setelah mendapat kabar ditemukannya jasad Eril.

Baca juga: Ridwan Kamil: Saya Bersaksi, Eril Wangi seperti Daun Eucalyptus

Ridwan menuturkan, jenazah Eril akan tiba di Indonesia pada Minggu, 12 Juni 2022 dan rencananya akan dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022.

Eril dinyatakan hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis, 26 Mei 2022. Menurut pernyataan polisi setempat, pemuda 22 tahun itu mengalami situasi darurat saat berenang di sungai tersebut. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya