News Sabtu, 03 Desember 2022 | 17:12

Profil Hwang Hee-chan, Bomber Korea yang Pernah Kalah di Gelora Bung Karno

Lihat Foto Profil Hwang Hee-chan, Bomber Korea yang Pernah Kalah di Gelora Bung Karno Pemain Korea, Hwang Hee-chan. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Doha - Hwang Hee-chan menjadi sorotan saat laga melawan Portugal di Piala Dunia 2022 pada Jumat, 2 Desember 2022 malam WIB.

Hwang mencetak dua gol yang sangat menentukan, dimana Korea akhirnya lolos ke babak 16 besar atau fase gugur. 

Selidik punya selidik, Hwang ternyata pernah bermain di Gelora Bung Karno pada 2013 saat melawan Timnas U19. Melawan Evan Dimas Cs saat itu, Korea kalah kalah 2-3 dari Timnas U19.

Hwang adalah satu-satunya pemain Korea dari 20 pemain pada 2013 lalu yang kini bermain di Piala Dunia 2022.

Hwang sudah merasakan atmosfer Piala Dunia sejak tahun 2018. Kala itu dia bermain di RB Salzburg.

Hwang sebelumnya sangat menonjol di dua pertandingan Kualifikasi Piala Asia U19 tahun 2014 seperti dilansir dari akun Twitter @garistengah_id.

Baca juga: Sikat Spanyol, Jepang Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia 2022

Sebelum melawan Timnas U19, Korsel menghadapi Filipina dan Laos. Ketika berhadapan dengan Laos, Lee Jung-bin melesakkan tiga gol. Menyusul hattrick Hwang di pertandingan pertama.

Lee sendiri masuk tim senior Incheon United pada 2017. Dua tahun kemudian dia dipinjamkan ke Anyang FC dan terakhir bermain di Gimcheon Sangmu.

Nama lainnya ada Seol Tae-su, yang mencetak masing-masing satu gol di laga lawan Laos dan Indonesia. 

Kini Seol berstatus tanpa klub setelah dilepas klub K3 Korea, Seoul Nowon United. Dia adalah alumni akademi Ulsan Hyundai. 

Pencetak gol lain ke gawang Indonesia adalah pemain bernomor 10, Seo Myeong-won. Dia masuk jadi pemain pengganti dan cetak gol di menit ke-89.

Dia sempat dua tahun menimba ilmu di Portsmouth U18 pada 2009-2011. Sekarang dia main di divisi bawah Liga Korea, bareng Daejeon KoRail.

Pemain yang pernah kalah 2-3 dari Indonesia, selain Hwang ada beberapa yang tetap bermain di level atas Liga Korea.

Mereka adalah Lee Tae-hee (Incheon United), Park Min-gyu (Suwon FC), Lee Gwang-hyuk (Pohang Steelers), Go Myeong-seok (Suwon Samsung), dan Lee Keun-ho (Jeonbuk Hyundai)

Dan dari nama-nama di atas cuma satu yang tembus timnas senior, yakni Hwang. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya