News Kamis, 17 Februari 2022 | 15:02

Rakornas BNPB 2022 Jadi Percontohan Pelaksanaan Kegiatan saat Pandemi

Lihat Foto Rakornas BNPB 2022 Jadi Percontohan Pelaksanaan Kegiatan saat Pandemi Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto meninjau langsung persiapan tempat penyelenggaraan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang Selatan, Banten, pada Rabu, 16 Februari 2022. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Tangerang - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2022.

Agenda tahunan ini dalam rangka penguatan sinergi antara BNPB, BPBD dan berbagai pemangku kepentingan tersebut digelar pada 22-24 Februari 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang Selatan, Banten.

Raditya Jati selaku Deputi Sistem dan Strategi BNPB menjelaskan, kegiatan rakornas tahun ini merupakan tantangan karena perlu adanya prokes yang cukup ketat.

Selain itu, kegiatan rakornas ini diharapkan dapat memperkuat ketangguhan penanggulangan bencana di daerah dan pusat.

Dalam rakornas ini, BNPB akan menggali permasalahan-permasalahan dalam penanggulangan bencana, seperti pembahasan kebijakan maupun pembelajaran dalam penanganan darurat.

Baca juga: Letjen TNI Suharyanto Cek Kesiapan Rakornas Penanggulangan Bencana 2022

“Secara kesiapan teknis ada dipilah menjadi kesiapan operasional dan substansional. Rakornas ini dapat menjadi percontohan pelaksanaan kegiatan saat pandemi dan bagaimana penerapannya. Dengan mengawal peserta untuk dilakukan tes swab antigen yang secara langsung teregister pada kegiatan rakornas, panitia acara rakornas dapat menerapkan protokol kesehatan secara optimal,” ujar Raditya.

Rakornas PB 2022 ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu diselenggarakan BNPB untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah, BPBD, serta para pemangku kepentingan terkait guna membahas tantangan dan mendapatkan rumusan kebijakan serta strategi penanggulangan bencana yang lebih baik di masa depan.

Rangkaian kegiatan rakornas diagendakan akan dibuka oleh Presiden di Istana Negara, dan dihadiri peserta yang hadir di ICE BSD maupun peserta dari berbagai daerah di Indonesia melalui ruang digital.

Rakornas PB 2022 kali ini mengangkat tema “Meningkatkan Kolaborasi dan Integrasi dalam mewujudkan Ketangguhan Bangsa Menghadapi Bencana.” []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya