Daerah Sabtu, 15 Oktober 2022 | 16:10

Sebanyak 321 Jiwa Warga Karawang Terdampak Banjir

Lihat Foto Sebanyak 321 Jiwa Warga Karawang Terdampak Banjir Petugas saat berada di lokasi banjir Kabupaten Karawang, Jawa Barat. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Karawang - Banjir melanda Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Jumat, 14 Oktober 2022.

Setidaknya sebanyak 321 orang warga terdampak akibat banjir yang dipicu hujan deras sejak pukul 06.00 waktu setempat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melaporkan Tinggi Muka Air (TMA) saat kejadian berkisar antara 60 hingga 90 sentimeter. 

Sebanyak 96 unit rumah warga terdampak. Namun tidak sampai menyebabkan warga mengungsi.

"Kemarin sudah langsung diturunkan logistik, saat ini kondisi banjir sudah surut," kata Koordinator Unit Data dan Informasi, Pusdalops BPBD Kabupaten Karawang, Sabtu, 15 Oktober 2022, terkait penanganan petugas di lokasi banjir.

Baca juga:

Tembok Roboh Akibat Banjir Jakarta, Tiga Siswa MTs N 19 Pondok Labu Meninggal Dunia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan potensi cuaca ekstrem di Indonesia yang masih akan berlanjut hingga 21 Oktober mendatang.

Wilayah yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lewab di antaranya adalah Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Tenggara. 

Sementara wilayah yang berpotensi terdampak hujan lebat dengan kategori siaga berada di sebagian wilayah Aceh, Sumatra Utara, dan Riau.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, sebelumnya telah meminta pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan berbagai langkah kesiapsiagaan menghadapi cuaca ekstrem. 

Dalam jangka pendek, pemda diminta untuk memastikan kesiapan alat, perangkat, dan juga personel untuk menghadapi potensi cuaca ekstrem.[]

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya