Pilihan Kamis, 17 Februari 2022 | 13:02

Sepak Terjang Jack Lapian, Laporkan Anies Baswedan, Ahmad Dhani hingga Rocky Gerung

Lihat Foto Sepak Terjang Jack Lapian, Laporkan Anies Baswedan, Ahmad Dhani hingga Rocky Gerung Berita duka meninggalnya Jack Lapian. (Foto: Twitter/lapianjack)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Jack Boyd Lapian atau yang lebih dikenal dengan nama Jack Lapian meninggal dunia pada Rabu malam, 16 Februari 2022. Relawan militan Jokowi di kancah politik nasional itu, wafat dalam usia 45 tahun.

Nama Jack Lapian mencuat sewaktu aktif menjadi relawan politik sejak Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2012, Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, Pilgub DKI Jakarta 2017 serta Pilpres 2019.

Jack Lapian dikenal keras terhadap lawan politiknya. Ia tercatat pernah melaporkan sejumlah tokoh termasuk Anies Baswedan, Ahmad Dhani, hingga Rocky Gerung ke polisi dengan jeratan UU ITE.

Anies Baswedan diperkarakan oleh Jack Lapian atas pidatonya pada tahun 2017 silam yang menggunakan diksi "Pribumi".

Kala itu, Jack datang ke Bareskrim dengan membawa sejumlah barang bukti berupa berkas lampiran pidato Anies Baswedan berikut dengan video.

Sementara Ahmad Dhani dilaporkan Jack ke polisi atas dugaan ujaran kebencian pada tahun 2018 silam. Pentolan Dewa 19 itu diperkarakan usai melontarkan cuitan dengan diksi "idiot".

Tak hanya melaporkan, Jack Lapian juga turut hadir dalam persidangan kasus Ahmad Dhani dan memberikan kesaksian.

Jack memberikan kesaksian bahwa selama periode Februari hingga Maret, Ahmad Dhani dalam cuitan di media sosial Twitter melontarkan berbagai twit berisi ujaran kebencian.

Berdasarkan laporan dan kesaksian Jack Lapian, Ahmad Dhani dijatuhi vonis 1,5 tahun penjara.

Jack Lapian. (Foto: Twitter/lapianjack)

Setahun berikutnya, yakni pada 2019 lalu, Jack Lapian kembali memperkarakan lawan politiknya. Kali ini Rocky Gerung dilaporkan ke polisi atas pernyataannya yang menyebut "kitab suci adalah fiksi.

Rocky Gerung kemudian dilaporkan ke polisi oleh Jack Lapian atas kasus dugaan penistaan agama.

Jack Lapian sendiri merupakan cucu dari seorang pahlawan nasional asal Sulawesi Utara, Bernard Wilhelm Lapian, yang lahir di Minahasa pada 30 Juni 1892.

Semasa pendudukan Jepang, Bernard Wilhelm Lapian pernah menjadi Gunco (Kepala Distrik), dan pada tahun 1945 menjadi Walikota Manado.

Pada 14 Februari 1946 Bernard mengibarkan bendera merah putih dan peristiwa ini tersyiar melalui radio ke Australia dan BBC London, radio San Fransisco hingga seluruh dunia.

Berita duka meninggalnya Jack Lapian. (Foto: Twitter/lapianjack)

Di kancah perpolitikan nasional. Jack Lapian dikenal sebagai relawan yang aktif sebagai Sekretaris Jendral Cyber Indonesia, sebuah organisasi masyarakat yang ia dirikan bersama sejumlah aktivis lain.

Jack Lapian juga dikenal sebagai Pendiri BTP Network, jaringan yang dibuat sebagai dukungan untuk mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Pada tahun 2012 Jack juga ambil bagian sebagai anggota Jokowi Ahok Social Media Volunteer (Jasmev). ia menjadi relawan dari Jokowi-Ahok dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

Baca juga: Terpapar Covid-19, Dorce Gamalama Meninggal Dunia

Baca juga: Dorce Gamalama Sampaikan Pesan Sebelum Meninggal Dunia

Pada 2014, Jack Boyd Lapian menjadi relawan di bidang media sosial untuk pemenangan Jokowi–Jusuf Kalla. Ia juga mengaku mendukung kubu Jokowi-KH Ma’ruf pada Pilpres 2019 lalu. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya