News Selasa, 22 Februari 2022 | 11:02

Setelah Publik Gaduh, Menaker Segera Revisi Aturan JHT

Lihat Foto Setelah Publik Gaduh, Menaker Segera Revisi Aturan JHT Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. (Foto:Opsi/Istimewa)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Setelah banyaknya masukan dan kritikan dari publik, pemerintah akhirnya memutuskan untuk merevisi soal aturan program Jaminan Hari Tua atau JHT.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menegaskan hal itu. Dia menyebut, saat ini pelaksanaan JHT tersebut diatur melalui Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua.

“Tadi saya bersama Pak Menko Perekonomian telah menghadap Bapak Presiden. Menanggapi laporan kami, Bapak Presiden memberikan arahan agar regulasi terkait JHT ini lebih disederhanakan,” ujar Menteri Ida dilansir dari laman setkab, Selasa, 22 Februari 2022.

Menteri Ida menjelaskan, setelah Permenaker 2/2022 disosialisasikan, pemerintah memahami keberatan yang muncul dari para pekerja atau buruh.

Oleh karenanya Presiden Jokowi memberikan arahan dan petunjuk untuk menyederhanakan aturan tentang JHT.

Baca juga: Hotman Paris: Si Poltak Kerja 10 Tahun, PHK Umur 32 Tahun

Sehingga keberadaan JHT bisa bermanfaat untuk membantu pekerja atau buruh yang terdampak, khususnya mereka yang ter-PHK di masa pandemi ini.

“Bapak Presiden sangat memperhatikan nasib para pekerja dan buruh, dan meminta kami semua untuk memitigasi serta membantu teman-teman pekerja/buruh yang terdampak pandemi ini,” ujarnya.

Menteri Ida menambahkan, dalam arahannya, Presiden Jokowi juga berharap dengan adanya tata cara klaim JHT yang lebih sederhana, maka dapat mendukung terciptanya iklim ketenagakerjaan yang kondusif.

“Bapak Presiden juga meminta kami semua, baik pemerintah, pengusaha, maupun teman-teman pekerja/buruh untuk bersama-sama mewujudkan iklim ketenagakerjaan yang kondusif, sehingga dapat mendorong daya saing nasional,” tandasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya