News Minggu, 05 Maret 2023 | 15:03

Surya Paloh Ngopi Bareng Prabowo Subianto, Menghormati Keputusan Politik Masing-Masing

Lihat Foto Surya Paloh Ngopi Bareng Prabowo Subianto, Menghormati Keputusan Politik Masing-Masing Prabowo Subianto dan Surya Paloh. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Hambalang - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Jawa Barat, Minggu, 5 Maret 2023.

Di sana, Paloh dijamu makan siang dan minum kopi. Sebelumnya, Paloh disambut marching band di Hambalang, yang membawakan mars Partai NasDem.

Susana itu membikin Paloh merasa dihormati oleh Prabowo. Bisa menikmati Hambalang yang disebutnya lebih baik dari tempat peristirahatan Presiden Amerika Serikat.

"Suatu kehormatan bisa dijamu di tempat yang begitu luar biasa indah, nyaman, tenang dan damai," katanya saat memberikan keterangan pers bersama Prabowo Subianto. 

"Saya juga disambut dalam suasana luar biasa, drumband memperdengarkan mars Partai Nasdem. Tadi berkelakar sama Mas Bowo, tempat peristirahatan Presiden Amerika itu gak ada apa-apanya dibandingkan ini, begitu hebat tempat ini begitu luar biasa," imbuh Paloh.

Paloh mengatakan, dirinya dengan Prabowo yang disebutnya Mas Bowo memiliki hubungan cukup lama meski tidak terlalu sering komunikasi.

Pertemanan dan persahabatan di antara mereka berdua cukup panjang, ukuran puluhan tahun atau sekitar 40 tahun.

Paloh menyebut, mereka berdua berbagai rasa, bertukar pikiran, dan berbagi informasi dalam situasi kekinian.

Menurutnya, hubungan yang mereka miliki harus terjaga sedemikian rupa dan tidak semata memberikan benefit bagi kedua partai politik, Gerindra dan NasDem.

"Tapi ada kepentingan yang lebih besar, menjaga agar spirit, semangat kebangsaan, nasionalisme dan membangun kesadaran publik, membangun kedewasaan berpolitik. Tidak kalah pentingnya, hubungan komunikasi kami perankan untuk memberikan pikiran dan kontribusi kepada masyarakat," katanya.

BACA JUGA: Surya Paloh Soal Cawapres Anies Baswedan: Jangankan Mas AHY, Saya Juga Cocok

Disebutnya, pertemuan bukan hanya karena menghadapi suasana Pemilu 2024 semata. Sesudah pemilu juga ada peran besar untuk mempertahankan komunikasi serupa. 

"Kami sepakat pemilu yang akan datang harus pemilu yang bisa dalam suasana yang lebih damai, tenang, dalam rasa spirit partisipasi publik yang lebih kuat dari semua komponen dan elemen masyarakat," tukasnya.

Peran serupa kata dia, harus dijalankan oleh seluruh pihak, tidak hanya penyelenggara pemilu dan pemerintah. Seluruh parpol dan komponen masyarakat juga harus melakukan hal sama. 

Spanduk Prabowo Presiden 2024. (Foto: Ist)

"Mas Bowo mengatakan pilihan boleh berbeda. Tapi spirit, semangat kebersamaan, menempatkan kepentingan nasional di atas kepentingan kedua partai ini, itu komitmen kami," tandasnya kemudian. 

Paloh juga melontarkan janji, untuk mereka tidak saling menjatuhkan, saling menyalahkan apalagi memfitnah, dan mengadu domba satu sama lain.

"Kami mau berdamai dengan kondisi, keadaan apapun untuk membangun Indonesia yang kita cintai. Inilah inti pertemuan kami berdua tadi," pungkasnya.  

BACA JUGA: Banyak Kalangan Berharap Prabowo Berpasangan dengan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Prabowo yang berbicara singkat mengatakan, pertemuan dengan Paloh dalam suasana yang sangat cair. 

Mereka menikmati makan siang dan kemudian minum kopi. 

Prabowo menyebut mereka berbicara cukup luas, dan cukup mendalam. Hingga diperoleh kesimpulan-kesimpulan tertentu. 

"Sepakat untuk saling menghormati keputusan politik masing-masing," katanya. 

Kedua pimpinan parpol sepakat ingin suasana bangsa dan negara selalu dalam keadaan damai, dalam keadaan rukun, dan dalam keadaan bersatu. 

Prabowo berujar bahwa persaingan itu perlu. Tapi dalam kerangka NKRI, kerangka Pancasila dan bhineka tunggal ika.

"Kita berharap dan kita akan menyongsong, kita akan berjuang nanti pemilu yang akan datang, pemilu yang konstruktif, pemilu kualitas yang lebih baik dari yang dulu-dulu, dan pemilu yang selalu jujur dan adil," katanya. 

Disebutnya juga kesepakatan menjalin komunikasi politik lebih intensif dan lebih sering dilakukan dengan semua pihak. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya