News Kamis, 09 Desember 2021 | 11:12

Tiban Ekskavator, Bos KCIC Ungkap Alasan Pembongkaran Pilar Kereta Cepat

Lihat Foto Tiban Ekskavator, Bos KCIC Ungkap Alasan Pembongkaran Pilar Kereta Cepat Pier KCJB Jatuh menimpa eskavator (Twitter/AlBurhanCenter)

Jakarta - Presiden Director PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan perihal kejadian pier (pilar) di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ambruk meniban ekskavator.

Slamet mengungkap alasan dilakukannya pembongkaran pier karena Tim Quality PT KCIC dan Konsultan Supervisi CDJO menemukan pergeseran alignment pekerjaan pier di DK46.

Maka itu, PT KCIC meminta untuk dilakukan pengerjaan ulang atau rework dan membongkar pier tersebut, untuk nantinya ada pembangunan pilar lagi yang sesuai spesifikasi teknis yang telah ditetapkan.

Slamet menerangkan, Standard Operational Procedure (SOP) engineering terkait dengan pembongkaran pier untuk rework sudah ditetapkan, termasuk aspek keselamatan kontruksinya.

Namun, berdasarkan hasil investigasi yang sudah dilakukan oleh KCIC, ditemukan bahwa kontraktor melanggar SOP tersebut sehingga timbul kejadian pier ambruk menimpa ekskavator seperti yang termuat dalam video viral di media sosial.

“Betul adanya bahwa saat dilakukan pekerjaan rework pembongkaran pier, kontraktor lalai dalam melaksanakan SOP sehingga pier menimpa ekskavator yang digunakan," kata dia dalam keterangannya yang diterima wartawan, dikutip Opsi, Kamis, 9 Desember 2021.

Seperti diketahui, sebuah video kecelakaan kerja saat pembongkaran pier (pilar) di proyek KCJB viral di media sosial sejak Rabu malam, 8 Desember 2021. Dalam video tersebut terlihat, kecelakaan terjadi saat pier KCJB itu diangkat oleh ekskavator lalu jatuh dan menimpa alat berat tersebut. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya