News Jum'at, 13 Mei 2022 | 18:05

Timnas U-23 Indonesia Berpeluang ke Semifinal, Kalahkan Filipina 4-0

Lihat Foto Timnas U-23 Indonesia Berpeluang ke Semifinal, Kalahkan Filipina 4-0 Timnas U-23 Indonesia menang 4-0 atas Filipina, Jumat, 13 Mei 2022. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Vietnam - Timnas U-23 Indonesia membuka peluang maju ke babak semifinal sepak bola SEA Games 2021 di Vietnam.

Dalam laga lanjutan penyisihan grup A, Indonesia menang atas Filipina 4-0 di Stadion Viet Tri, Vietnam, Jumat, 13 Mei 2022 sore.

Empat gol terjadi, dua di babak pertama dan dua di babak kedua. Gol babak pertama disumbangkan M Ridwan pada menit 17, dan Rizky Ridho pada menit 44.

Sedangkan gol babak kedua dilesakkan Egy Maulana Vikri menit 74 dan gol dari titik penalti oleh Marselino menit 84.

Menit awal babak pertama pemain Indonesia kesulitan mengembangkan permainan. Namun secara perlahan Egy Cs terus menggempur ke area pertahanan Filipina. Serangan lebih banyak dibangun dari sisi kiri dan kanan.  

Pergerakan Egy yang cukup baik mampu membuat sektor pertahanan Filipina harus bekerja keras mengamankan gawangnya.

Lini tengah Klok dan Kambuaya juga cukup mampu mendistribusikan bola ke dua sayap. Menit 17, serangan dari sisi kiri pertahanan Filipina. Egy bergerak cepat membawa bola.

Meski sudah berhadapan dengan kiper, Egy tidak langsung menendang ke arah gawang. Dengan tenang dia kirimkan bola ke sisi kanan kiper, Ridwan datang dari belakang dan melesakkan bola ke gawang, gol.

Gol kedua, juga terjadi akibat pelanggaran yang dilakukan pemain Filipina terhadap Egy di sisi kiri pertahanan. Syahrian melakukan tendangan bebas. Bola dilambungkan ke arah gawang.

Ridho menyambut dengan sebuah sundulan dan bola masuk ke gawang Filipina tanpa mampu diblok penjaga gawang Kammeraad. 

Hingga turun minum Indonesia unggul 2-0. 

Masuk babak kedua, Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain. Asnawi, Ridwan ditarik. Memasukkan Marselino dan Ronaldo Kwateh.

Baca juga:

Babak Pertama, Timnas Indonesia Unggul 2-0 atas Filipina

Sebuah serangan di depan gawang Filipina, Egy datang dari sisi kiri dan menyambut umpan. Dengan tenang dia lesakkan bola. Gol, Indonesia unggul 3-0.

Daya serangan Timnas U-23 terus mengalir. Pergerakan Ronaldo di sisi kanan pertahanan Filipina membuahkan hasil.

Saat membawa bola dan berada di kotak penalti, Ronaldo dijatuhkan pemain Filipina. Wasit menunjuk titik putih. Marselino menjadi algojo. Dia sukses melesakkan bola ke gawang, dan skor 4-0 untuk Indonesia. 

Dengan kemenangan ini, Indonesia memiliki 6 poin. Hasil dua kali menang dan sekali kalah. 

Filipina dan Timor Leste sendiri sudah pasti tersingkir. Peluang Indonesia ke semifinal kian terbuka. Laga terakhir akan menghadapi Myanmar. 

Susunan pemain Filipina U-23 (4-5-1): Quincy Julian Kammeraad; Jaynee Kallukaran Solon, Miguel Panccog, Stephen Cabizarez, Jaime Rosquillo; Scott Phillip Woods, Enrique Fernandez, Dennis Chung, Oliver Saludares, Christian Rontini; Jovin Hervas Pelatih: Norman Fegidero Jr Salo. 

Indonesia U-23 (4-3-3): Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Dewangga, Syahrian; Marc Klok, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Muhammad Ridwan, Egy Maulana Vikri Cadangan: Adi Satrio, Firza, Ilham, Marselino, Irianto, Jauhari, Ronaldo, Rio. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya