News Selasa, 11 Juli 2023 | 21:07

Tol Cisumdawu Sepanjang 61,6 Km Habiskan Anggaran Rp 18,3 Triliun

Lihat Foto Tol Cisumdawu Sepanjang 61,6 Km Habiskan Anggaran Rp 18,3 Triliun Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Selasa, 11 Juli 2023. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Bandung - Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Selasa, 11 Juli 2023.

Peresmian digelar di terowongan kembar (twin tunnel), tepatnya di ruas Kn 169, Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Jalan tol ini sendiri menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang ke Tol Cipali.

Jalan tol ini dimungkinkan mempermudah dan memperlancar konektivitas menuju Bandar Udara (Bandara) Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

“Kita harapkan dengan beroperasinya jalan tol ini, ini akan mempermudah konektivitas menuju ke Bandara Kertajati,” ujar Jokowi.

Jalan Tol Cisumdawu awalnya dikerjakan bersamaan dengan pembangunan Bandara Kertajati. 

BACA JUGA: Anies Baswedan Bilang Kendaraan Umum di Jalan Tol Sebagai Alat Membangun Perasaan

Karena adanya sejumlah masalah pembebasan lahan, pembangunan Bandara Kertajati rampung lebih dahulu.

Keberadaan Jalan Tol Cisumdawu dapat mempercepat operasional Bandara Kertajati secara penuh. 

Saat ini, Bandara Kertajati diketahui telah melayani sejumlah aktivitas penerbangan dan mulai diminati beberapa investor dari luar negeri.

“Saya melihat airport Kertajati adalah yang didukung oleh Tol Cisumdawu ini adalah airport masa depan kita karena sekarang sudah mulai banyak keinginan negara-negara luar untuk masuk equity-nya ber-partner di airport Kertajati baik untuk mengoperasikan, juga untuk meningkatkan traffic lalu lintas penerbangan yang ada. Ini yang kita harapkan,” tutur Jokowi.

Konstruksi Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 kilometer dengan menghabiskan anggaran Rp 18,3 triliun. Jalan tol ini diketahui memiliki terowongan kembar sepanjang 472 meter.

“Ini di seluruh Indonesia tidak ada jalan tol yang melewati dua terowongan seperti yang kita lihat pada pagi hari ini,” ucap Jokowi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya