News Senin, 06 Juni 2022 | 06:06

UEFA Nations League: Portugal Hajar Swiss 4-0, Ronaldo Cetak Dua Gol

Lihat Foto UEFA Nations League: Portugal Hajar Swiss 4-0, Ronaldo Cetak Dua Gol Selebrasi Christiano Ronaldo usai mencetak gol ke gawang Swiss, Senin 6 Juni 2022 dini hari. (Foto: Twitter/@selecaoportugal)
Editor: Rio Anthony

Lisbon - Christiano Ronaldo mencetak dua dari empat gol Portugal pada laga kedua UEFA Nations League 2022/2023, saat menghadapi Swiss. Dua gol lainnya dicetak William Carvalho-Joao Cancelo.

Portugal menghadapi Swiss di Estadio Jose Alvalade, Lisbon, Senin 6 Juni 2022 dini hari WIB, dalam lanjutan Grup A2 UEFA Nations League 2022/2023. Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Portugal dikejutkan gol tim tamu, sepak pojok Xherdan Shaqiri memicu kemelut.

Bola lantas disambar Haris Seferovic, tapi Video Assistant Referee (VAR) meninjau gol ini dan menyatakan Fabian Schar lebih dulu melakukan handball.

Dikejutkan dengan serangan Swiss, Portugal lantas menyerang. Portugal mencetak gol di menit 15. Eksekusi tendangan bebas Cristiano Ronaldo dihalau oleh Gregor Kobel. Namun bola rebound dituntaskan William Carvhalho ke dalam gawang, 1-0 untuk Portugal.

Terus menyerang, Portugal menambah keunggulan di menit 35. Bruno Fernandes medapatkan bola di sisi kanan lalu mengirim umpan silang yang dikuasai Diogo Jota. Jota meneruskannya ke Ronaldo yang berdiri bebas, lalu diselesaikan penyerang veteran itu.

Terus menyerang Portugal kembali menambah gol semenit berselang. Tembakan Jota memanfaatkan umpan baik dari Nuno Mendes ditepis Gregor Kobel. Ronaldo muncul dan mencocor bola ke dalam gawang, skorpun berubah 3-0 untuk Portugal.

Gantian Portugal menyaksikan golnya dianulir pada menit ke-51. Usai tendangannya dihalau Kobel, Ronaldo sukses menceploskan bola rebound. Akan tetapi Otavio lebih dulu offside saat serangan dibangun.

Portugal kembali menambah keunggulan di menit ke-68. Antisipasi buruk dari Kobel membuatnya gagal menyapu bola, memuluskan langkah Cancelo mencetak gol ke-4 Portugal.

Portugal nyaris mendapat tendangan pinalti di menit 83, saat Nuno Mendes jatuh di bawah tekanan Kevin Mbabu. Tapi VAR lantas mengubah keputusan karena pelanggaran terjadi masih di luar kotak penalti.

Ronaldo mengambil tendangan bebas tersebut dan sepakannya dihalau oleh kiper. Sampai pertandingan usai, tak ada lagi gol tercipta. Kemenangan telak ini mengangkat Portugal ke posisi dua klasemen dengan empat poin dari dua laga.

Republik Ceko memimpin dengan nilai empat namun unggul selisih gol, sementara Spanyol di urutan ketiga dengan dua poin dan Swiss belum mendapatkan poin dari dua partai. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya