News Rabu, 22 Juni 2022 | 15:06

Usai Bertemu Kedutaan Amerika, Ketum GMKI Bertolak ke Jerman

Lihat Foto Usai Bertemu Kedutaan Amerika, Ketum GMKI Bertolak ke Jerman Ketum GMKI, Jefri Gultom bersama perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia. (Foto: Dok. GMKI)

Jakarta - Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) bertemu dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat untuk Indonesia di Kantor Kedutaan Amerika di Jakarta Pusat, Rabu, 22 Juni 2022.

Dalam pertemuan tersebut Ketua Umum GMKI, Jefri Edi Irawan Gultom didampingi oleh beberapa orang pengurusnya, yakni Ketua Bidang Hubungan Internasional Fawer Full Fander Sihite, Ketua Bidang Media dan Komunikasi Indrawanto, Ketua Bidang Litbang Martin Mumbunan, Sekfung Gereja Felix, Sekfung Ekraf Arihans, dan Tim Work Bidang Hubungan Internasional GMKI Sefty Purba.

Sementara, Dubes Amerika diwakili oleh Kyle Richardson Political Counselor, Emily Norris atase kebudayaan, Gregory Bauer political officer Kedutaan Amerika.

"Dalam pertemuan ini, saya didampingi teman pengurus lainnya dan agenda ini sebagai wujud kolaborasi program antara PP GMKI dengan Kedutaan Amerika," kata Jefri Gultom mengutip keterangan tertulisnya, Rabu, 22 Juni 2022.

Kolaborasi program yang dimaksud berupa kegiatan bersama dan rencana kunjungan ke Amerika untuk belajar seputar teknologi, kolaborasi program interfaith dialog, pertukaran mahasiswa, program magang dan lainnya.

"Tadi saya sampaikan bahwa presentasi pemuda di Amerika sebagai penghasil teknologi cukup baik, sehingga kita bisa banyak belajar. Jika ada kesempatan kita juga ingin belajar teknologi, dan pertukaran mahasiswa, serta program beasiswa," ujarnya.

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia ini juga menginformasikan, usai pertemuan dengan Kedutaan Amerika, dirinya akan berangkat ke Jerman.

"Setelah pertemuan ini, saya akan berangkat ke Jerman untuk menghadiri pertemuan General Assembly WSCF yang akan dihadiri 120 negara dan saya satu-satunya sebagai delegasi dari Indonesia, dan saya akan presentasi di sana selama 30 menit," tuturnya.

Jefri Gultom juga menyampaikan, banyak peluang kerja sama yang dapat dibangun antara GMKI dan Kedutaan Amerika.

"Kami memiliki 110 cabang se-Indonesia dan ribuan kader, tentu ini menjadi peluang untuk kita dapat berkolaborasi program, di Indonesia kita punya banyak cabang yang terbentang dari Aceh hingga Merauke," kata Jefri.

Kedutaan Amerika pun mengapresiasi pertemuan yang berlangsung sekitar 90 menit tersebut.

"Kita sangat senang dapat kunjungan dari teman-teman GMKI, semoga rencana kolaborasi ini akan terus berlanjut, tentu kami sangat terbuka untuk kerja sama," ungkap Kyle Richardson sebagai political Counselor Kedutaan Amerika.

Kedutaan Amerika juga mengatakan akan menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut. "Nanti kami akan tindaklanjuti hasil pertemuan kita ini, agar bisa diterjemahkan dalam bentuk kerja sama yang konkret," kata Richardson

Di akhir pertemuan, Ketua Umum GMKI memberikan buku serta noken asal Papua sebagai bentuk persahabatan.

"Noken ini sebagai simbol persahabatan GMKI dengan Kedutaan Amerika," ucap Jefri Gultom.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya